Dua Pilar Organisasi Sosial Pasbar Masuk Nominasi 5 Besar Tingkat Provinsi

SIMPANGEMPAT, KP – Karang Taruna Paga Nagari Talu Kecamatan Talamau dan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Yayasan Darun Nafis As Sa’diyah masuk nominasi 5 besar tingkat Provinsi Sumatra Barat (Sumbar). Dua pilar organisasi sosial Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) tersebut berhasil mengharumkan nama Bumi Tuah Basamo ke tingkat lebih tinggi.

Ketua rombongan tim penilai 4 pilar Provinsi Sumbar Sampurno, mengunjungi sekaligus melakukan penilaian lapangan terhadap Karang Taruna Paga Nagari Talu dan LKS Yayasan Darun Nafis As Sa’diyah ke Talamau, Selasa (25/5). Rombongan turut didampingi Ketua TP PKK Pasbar Titi Hamsuardi, Plt Kepala Dinas Sosial Tri Waluyo, Camat Talamau Nur Fauziah Zein, Walinagari, stakeholder terkait serta para santri dan anggota Karang Taruna di rumah gadang Tuanku Bosa Talu.

Menurut Sampurno, baru kali ini Pasbar masuk dua pilar dari empat pilar Organisasi Sosial yang masuk nominasi 5 besar. Itu merupakan hal luar biasa bagi Pasbar. Pada April lalu penilaian pertama yakni wawancara dan ekpos sudah diterima provinsi, keluarlah 5 nominasi dan akan memasuki tahapan penilaian lapangan. “Biasanya hanya satu pilar saja yang masuk, memang ada tiga pilar yang masuk nominasi di kabupaten kota lainnya. Namun, Pasbar masuk dua pilar Organisasi Sosial, itu membuktikan Pasbar sudah luar biasa bagusnya,” kata Sampurno.

Ia menambahkan, setelah masuk nominasi 5 besar saatnya tim penilai Provinsi Sumbar mencek ke lapangan. Apakah data-data yang disampaikan karang taruna maupun yayasan sesuai kondisi di lapangan. “Ketika mencek ke lapangan akan kami sesuaikan data-data yang kami terima. Ketika ekpos waktu terbatas atau kondisi yang tidak sesuai. Ada juga kasus ketika wawancara atau menyampaikan datanya hanya masuk nomor 6 besar, ketika kita mencek ke lapangan bisa nomor 1 atau sebaliknya,” ujar Sampurno.

“Sekarang kami tim penilai dari Provinsi Sumbar melihat kondisi yang sebenarnya ke lapangan, ini hasil lapangan yang nyata, DNA dan kita akan menggali lebih banyak lagi. Setiap penilaian wajib menilai administrasi, karena administrasi ini penting juga untuk menyusun program ke depan,” ulasnya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Sosial Pasbar, Tri Waluyo mengatakan, masuknya dua nominasi organisasi sosial tersebut di tingkat Provinsi Sumbar merupakan hal luar biasa bagi Pasbar. “Terima kasih kepada Dinas Sosial Provinsi yang telah memberikan peluang kepada organisasi sosial di Pasbar. Setelah peninjauan lapangan nanti kita berharap tidak merubah penilaian bagi kita, justru diharapkan ada peningkatan,” ucapnya.

“Beginilah kondisi dan keadaan kami di sini. Kepada karang taruna, sampaikan keadaan kita yang sebenarnya. Semoga kita mendapatkan penilaian hingga ke tingkat nasional,” tukasnya. (rom)

Next Post

Gubernur Mahyeldi dan Anies Baswedan Bahas Kerjasama Pangan dan Pariwisata

Rab Mei 26 , 2021
PADANG, KP – Gubernur Sumbar, H. Mahyeldi bertemu dengan Gubernur […]