H-5 Idul Fitri, Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok di Agam Mulai Naik

LUBUKBASUNG, KP – Memasuki H-5 Idul Fitri 1442 Hijriah, harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar tradisional Kabupaten Agam merangkak naik. Berdasarkan hasil pantauan Disperindagkop dan UKM Agam di pasar tradisional Lubuk Basung, Kamis (6/5), bahan pokok yang alami kenaikan harga ada enam jenis.

Keenam jenis itu dijelaskan Kabid Perdagangan Disperindagkop dan UKM Agam Nelfia Fauzana, seperti cabai merah keriting dari Rp30 ribu per kilogram naik jadi Rp35 ribu per kilogram. Cabai rawit dari Rp25 ribu per kilogram naik jadi Rp30 ribu per kilogram, bawang merah dari Rp25 ribu per kilogram naik jadi Rp30 ribu per kilogram, bawang putih dari Rp25 ribu per kilogram naik jadi Rp30 ribu per kilogram.

Selanjutnya, daun bawang dari Rp13 ribu per kilogram naik jadi Rp15 ribu per kilogram, tomat dari Rp10 ribu per kilogram naik jadi Rp12 ribu per kilogram. “Kenaikan harga ini terjadi akibat kurangnya stok dari petani, apabila stok meningkat kita yakin harga akan kembali turun,” ujar Nelfia, Jum’at (7/5).

Dari hasil pantauannya kemarin, hanya sayuran buncis yang alami penurunan harga, dari Rp13 ribu per kilogram turun jadi Rp10 ribu per kilogram. “Sementara kebutuhan pokok lainnya masih terpantau stabil,” ungkapnya. (rzk) 

Next Post

Iwatar Nusantara Bantu Satu Unit Ambulan untuk Kampung Halaman

Jum Mei 7 , 2021
BATUSANGKAR, KP – Bupati Tanahdatar, Eka Putra beri apresiasi dan […]