HMI Bukittinggi di Gedung DPRD

SEBENARNYA hal biasa HMI mempertanyakan kinerja DPRD, termasuk anggota dewan yang bertugas di DPRD Kota Bukittinggi. Sebab, keberadaan HMI di republik ini juga punya tanggungjawab mengemban amanahdemi masa depan bangsa yang kita cintai.

Dari pemberitaan di berbagai media, diketahui bahwa adik-adik HMI Bukittinggi berkunjung ke DPRD setempat untuk mengetahui dan mempertanyakan kinerja dewansetelah mereka mengabdi sekitar 1,5 tahun pasca terpilih dalam pemilu 2019. Yang ditanyakan adik-adik HMI itu tak termasuk istimewa. Bahkan, dengan pendekatan yang humanis, mungkin saja adik-adik kader pemimpin bangsa ini bisa memakluminya. Namun, diperkirakan diplomasi kata-kata mungkin tak terbentuk. Sehingga, suasana pun jadi lain. Mungkin saja yang muncul salah pengertian.

Bagaimanapun juga, HMI adalah organisasi mahasiswa Islam yang keberadaannya sudah sangat lama di Indonesia yang kita banggakan ini. Salah seorang pendirinya adalah Lafran Pane, anak muda brillianyang demokratis. HMI jadi kebanggaan pada masanya oleh pemimpin bangsa ‘pembelah ruyung’ berdirinya negara kesatuan yang kita nikmati sampai saat ini.

Sudah sangat banyak pemimpin bangsa lahir dari rahim HMI. Bahkan, dari presiden ke presiden peran HMI selalu diakui keberadaannya. Sudah jadi tradisi setiap kongres HMI di republik ini diresmikan presiden. Bahkan, kalau ada yang berniat jahat pada negara ini, HMI pasti berucap: ‘langkahi dulu mayat kami’.

HMI bukanlah organisasi anak muda manja dan ingusan. Hanya saja, mungkin diantara kita ada yang tidak mengerti keberadaan HMI. Oleh karena itu, terjadinya ‘salah samek’ antara anggota dewan di Bukittinggi dengan adik-adik HMIpantas diambil hikmahnya. Bagi anggota dewan yang belum paham dengan peran HMI, jadikanlah peristiwa yang berlalu ini sebagai pengalaman berharga. Khusus pada adik-adik HMI, tetaplah kritis, tanpa rasa curiga, was-was, dan tetaplah berperan sebagai generasi muda pembaharu pemikiran berkemajuan dan kecerdasan.

Bagaimanapun, HMI selalu diharapkan pemikirannya untuk memajukan negeri ini. Selalulah mengilhami pemimpin negeri ini dengan pemikiran segar dari generasi muda, calon pemimpin bangsa.

Keberadaan lembaga pemerintahan juga selalu diharapkan perannya dalam membina generasi muda terdidik dan cerdas. Sangat pantas ormas kepemudaan selalu tampil terdepan menjaga negeri ini. Khusus kepada mereka yang belum begitu mampu menjalin keakraban dengan ormas kepemudaan, pantas merefleksi pemikirannyademi masa depan yang lebih baik. *

Next Post

Curi Motor Tetangga,Petani Babak Belur Diamuk Massa

Sen Mei 17 , 2021
MUKOMUKO, KP – Seorang petani berinisial RN (48 tahun) warga […]