Komisioner KPU Bukittinggi Yasrul Luncurkan Buku “Jalan Panjang Demokrasi”

BUKITTINGGI, KP – Komisioner KPU Kota Bukittinggi, Yasrul meluncurkan Buku “Jalan Panjang Demokrasi”. Buku yang ditulisnya itu mendapat apresiasi dari KPU-RI dan KPU Provinsi Sumatra Barat.

Kepada KORAN PADANG, Yasrul menyebutkan, buku yang ditulisnya itu diluncurkan sebagai motivasi untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan demokrasi di Indonesia, khususnya Sumbar. Sebab dalam buku setebal 154 halaman itu, isinya memberikan motivasi, bukan hanya untuk Penyelenggara Pemilu, akan tetapi juga untuk Peserta Pemilu, baik itu untuk Calon Legislatif maupun Calon Kepala Daerah.

Kemudian dengan diterbitkannya Buku Jalan Panjang Demokrasi ini diharapkan masyarakat dapat memahami bagaimana perjalanan panjang demokrasi di Indonesia, terkhusus di Sumbar dari Pemilu ke Pemilu,” ungkapnya.

Disebutkannya, Buku “Jalan Panjang Demokrasi” yang berisikan 29 judul itu juga memberikan gambaran sebuah kejujuran yang harus dimiliki penyelenggara Calon Legislatif, Calon Kepala Daerah dan masyarakat luas yang akan memberikan hak pilihnya pada pelaksanaan pemilu. Menurut Yasrul, lahirnya buku tersebut berawal dari tulisan- tulisannya tentang Kepemiluan yang diterbitkan media di Sumbar, khususnya Harian Umum KORAN PADANG semenjak tahun 2017.

Sehingga dengan tulisan-tulisan itu menjadi motivasi baginya untuk berkarya dalam bentuk tulisan tentang demokrasi di Indonesia. “Untuk itu saya pribadi mengucapkan terima kasih kepada Media harian Umum KORAN PADANG yang telah menerbitkan banyak tulisan tentang Demokrasi oleh KPU Kota Bukittinggi. Dan kita berharap KORAN PADANG selalu menerbitkan tulisan-tulisan Kepemiluan yang memberikan Pendidikan politik ke semua orang untuk demokrasi yang lebih maju ke depannya,” harapnya.

Sementara Kepala Biro Perundang-undangan KPU-RI, Nur Syarifah dalam testimoninya menyebutkan, buku yang ditulis Yasrul sangat menarik dan penting untuk dibaca. Sebab Buku yang ditulis Yasrul itu tidak hanya menggambarkan tugas dan tanggung jawab penyelenggara pemilu serta dinamika penyelenggara Pemilu. Di samping itu buku tersebut juga mengingatkan peserta pemilu atau paslon untuk berkompetensi secara jujur dan sehat, bahkan juga ada bagian tulisan tentang meraih suara dalam pemilu. “Dan tak kalah menariknya, penulis juga mengajak pemilih sebagai salah satu pilar pemilu agar menggunakan haknya secara cerdas dengan memilih calon pemimpin berkualiats,” ujarnya.

Sedangkan Komisioner KPU Provinsi Sumbar, Amnasmen dalam testimoninya juga menyebutkan, hal yang menarik dalam buku “Perjalanan Panjang Demokrasi”. “Di mana buku itu merupakan rangkaian setiap pengalaman penting yang dialami, dicatat, kemudian menjadi tulisan oleh seorang pelaksana Pemilu, Yasrul. Buku itu tentunya sangat baik dibaca masyarakat luas,khususnya penyelenggara pemilu pada setiap tingkatan,” paparnya.

Sementara itu Ketua KPU Bukittinggi, Heldo Aura menyebutkan, Buku “Perjalanan Panjang Demokrasi” itu merupakan konsep dengan dimensi praktis oleh seorang Yasrul sebagai penyelenggara pemilu. Dengan kesibukan menyelenggarakan tahapan pemilu dan pemilihan, beliau (Yasrul) masih menyempatkan diri mengaktualisasikan referensi penyelenggaraan pemilu dan pemilihan dalam bentuk tulisan.

“Dan buku ini berisikan perspektif praktis untuk memberikan informasi kepada publik, pegiat pemilu, politisi, akademisi dan masyarakat luas tentang ilmu praktis pemilu dan pemilihan dalam bentuk buku “Jalan Panjang Demokrasi”. Untuk itu apresiasi kepada Penulis Yasrul sebagai rekan kerja di KPU Bukittinggi yang mampu menciptakan kreatifitas dalam bentuk tulisan-tulisan kepemiluan. Semoga karya ini bermamfaat bagi proses demokratisasi secara berkesinambungan,” ungkapnya.

Selain itu turut memberikan testimoni dalam buku tersebut Muhammad Mufti Syarfie (Komisioner KPU Provinsi Sumbar tiga periode). Kemudian Surya Efitrimen (Ketua Bawaslu Provinsi Sumbar), Benny Aziz, Dony Saputra, Zulwida Rahmayeni (ketiganya Komisioner KPU Bukittinggi) dan Kasdanil (Sekretaris KPU Bukittinggi). (eds)

Next Post

Tiga Kali Ditunda, Payakumbuh Fashion Show Muslimah Sukses Digelar

Sen Mei 24 , 2021
PAYAKUMBUH, KP – Dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat, kegiatan […]