LUAK LIMOPULUAH BERDUKA, H. Anas ‘Hizra’ Zakaria Dipanggil Sang Khalik

PAYAKUMBUH, KP – Kabar duka kembali muncul dari Kota Payakumbuh. Seorang tokoh masyarakat Luak Limopuluah (Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota,red) Haji Anas ’Hizra’ Zakaria tutup usia di umurnya yang ke-80 tahun. Kabar berpulangnya keharibaan Illahi pemilik Toko Pustaka dan Percetakan Hizra Payakumbuh itu diinformasikan langsung oleh putra kandung almarhum bernama Hikmat.

“Papa tercinta pada Senin (10/5) sekira pukul 4.30 Wib telah dipanggil sang khalik di rumah kediaman Kelurahan Tanah Mati, Kecamatan Payakumbuh Barat,“ ujar Hikmat menyampaikan kabar duka atas berpulangnya Haji Anas ’Hizra’ Zakaria.

Sebagai tokoh yang bergerak dalam usaha percetakan, toko buku dan bacaan sekaligus agensi terbesar surat kabar dan majalah di Kota Payakumbuh, keberadaan Haji Anas ’Hizra’ Zakaria sebagai mitra kerja sangat berperan mendukung dunia pemerintahan, pendidikan dan bisnis surat kabar di daerah itu. Dan itulah sebabnya, pasca beredarnya kabar atas meninggalnya putra Jorong Talago, Nagari Tujuh Koto Talago, Kecamatan Guguk, Kabupaten Limapuluh Kota itu, rumah duka dipenuhi para pelayat mengucapkan belasungkawa.

Tampak hadir di rumah duka Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo bersama istri, mantan Bupati Limapuluh Kota Alis Marajo Dt Sori Majaro, mantan Ketua DPRD Limapuluh Kota Syamsul Hudaya, mantan Ketua DPRD Kota Payakumbuh Jendrial, mantan anggota DPRD Limapuluh Kota Buya Nasrul Rasyid. Para pejabat dari Pemko Payakumbuh dan Pemkab Limapuluh Kota, tokoh masyarakat, perwakilan Masjid Ansharullah Muhammadiyah, para karib kerabat dan andai tolan, rekan-rekan wartawan serta sejumlah tokoh politik.

Usai prosesi pemakaman di pandam perkuburan keluarga di Kelurahan Tanah Mati, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, menyampaikan kata-kata penghormatan terakhir terhadap almarhum Haji Anas ’Hizra’ Zakaria. Menurut Bupati Safaruddin Dt. Badaro Rajo, almarhum Haji Anas ’Hizra’ Zakaria adalah sosok pengusaha yang banyak berjasa untuk masyarakat dan daerah Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota.

“Sebagai pengusaha yang bergerak di bidang percetakan, toko buku bacaan dan agensi majalah dan koran, baik terbitan nasional dan daerah, keberadaan Haji Anas ’Hizra’ Zakaria adalah mitra kerja yang banyak memberikan kontribusi untuk kemajuan daerah,” sebutnya.

Selain sebagai tokoh yang disegani di Luak Limopuluah, almarhum Haji Anas ’Hizra’ Zakaria ulas Bupati Safaruddin, istilahnya juga ‘orang balai’ karena setiap hari bergaul dengan para pedagang di pasar Kota Payakumbuh. “Sebagai tokoh yang banyak bergaul baik di lingkungan pemerintahan, organisasi keagamaan dan para pedagang, tentu keberadaan Haji Anas ’Hizra’ Zakaria, banyak bersosialisasi dan meninggalkan kenangan,” ungkapnya.

Pada hari sangat berduka itu, pungkas Bupati Safaruddin, pihaknya atas nama Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota dan masyarakat menyampaikan permohonan maaf jika selama bergaul dengan Almarhum Haji Anas ’Hizra’ Zakaria, ada salah paham atau kesalahan yang dilakukan. Kepada sanak keluarga, istri dan anak-anak yang ditinggalkan almarhum Haji Anas ’Hizra’ Zakaria, agar tabah menghadapi cobaan. Amin. (dho) 

Next Post

Bupati Suhatri Bur Salurkan Zakat untuk 1.700 Mustahik

Sen Mei 10 , 2021
PARITMALINTANG, KP – Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, serahkan zakat yang […]