Objek Wisata Jadi Sarang Pungli

BUKAN di kawasan objek wisata Harau saja terjadi pungutan liar (pungli) pada tamu yang berkunjung, di objek wisata lainnya pungli juga sudah jadi ‘tradisi’. Bahkan sebelum sampai ke lokasi yang dituju, beragam pungutan melalui ketiding disodorkan pada rombongan bermobil ataupun bermotor. Meski berdalih tanpa paksaan, namun hal demikian tentu meresahkan pengunjung.

Terjadinya pungli pada pengunjung objek wisata Harau ataupun objek wisata lainnya di daerah ini bisa jadi karena pemerintah belum mengambil peran maksimal dalam membenahi objek wisata itu sendiri. Keberanian oknum masyarakat meminta sumbangan pada pendatang bisa juga menandakan kelompok peminta sumbangan tersebut lebih kuat pengaruhnya dalam membina kawasan wisata tersebut.

Dari sekian banyak objek wisata di Sumbar yang benar-benar terlihat maksimal peran pemerintahnya antara lain pengelolaan taman margasatwakebun binatang di Bukittinggi. Selebihnya, antara rakyat dan pemerintah sepertinya saling berebut pengaruh. Khusus Harau, memang sudah banyak dana dikucurkan oleh pemerintah, bahkan peran investor juga membanggakanseperti membangun fasilitas penginapan mutakhir, antik, dan futuristik. Namun dengan adanya pungutan liar seperti diberitakan KORAN PADANG pada halaman 8 terbitan Selasa (18/5) membuat kenyamanan pengunjung berkunjung ke Harau jadi terganggu.

Sangat diharapkan kawasan objek wisata Harau menjadi tempat kunjungan menyenangkan, menyegarkan, dan terjauh dari sikap sangar yang membuat pengunjung jadi korban pungli. Dinas Pariwisata setempat sangat diharapkan berperan maksimal. Kalau pengunjung sudah tak mengeluh, hal demikian sudah prestasi bagi kawasan tersebut. Sebaliknya, pengunjung yang sebal dengan tingkah oknum warga tuan rumah, maka perlu tindak lanjut yang serius dari pemda setempat.

Kita berharap tamu yang berkunjung ke objek wisata di Sumbar merasasenang. Pelayanan amburadul tak diharapkan terjadi lagi. Mampukah hal itu diwujudkan? Tentu saja bisaasal kita sama-sama berbaik-baik pada tamu yang datang. *

Next Post

Burnley vs Liverpool Pantang Menyerah

Sel Mei 18 , 2021
BURNLEY, KP – Liga Inggris 2020/2021 pekan 37 akan mempertandingkan […]