Pembangunan Rampung, Masjid Ihsan Nagari Sungai Patai Diresmikan

BATUSANGKAR, KP – Pembangunan telah rampung, Masjid Ihsan, Nagari Sungai Patai, Kecamatan Sungayang, diresmikan Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah bersama Bupati Eka Putra dan Keluarga Besar H. Amran Sutan Sidi Sulaiman, Senin (17/5). Masjid yang berdiri megah dengan menelan biaya sekitar Rp7 Miliar itu sebagian besar sumbangan dari keluarga besar H. Amran Sutan Sidi Sulaiman dan dilakukan masyarakat secara gotong royong.


Gubernur Sumbar, H. Mahyeldi Ansharullah dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada masyarakat Nagari Sungai Patai yang mendukung pembangunan Masjid Ihsan secara gotong royong. “Gotong royong seperti yang kita saksikan di video tadi adalah sebuah kearifan lokal Nagari Sungai Patai. Ini perlu dipertahankan atau bahkan diviralkan sehingga bisa menjadi contoh dan rujukan bagi daerah lainnya di Sumatra Barat,” ujarnya. 

Di samping itu tambah Mahyeldi, kegiatan untuk menyemarakkan masjid terus dilakukan. “Saya setuju dengan yang disampaikan Bupati, mari kita ramaikan dan semarakkan masjid dengan kegiatan keagamaan. Sehingga masyarakat kita terutama generasi muda menjadi generasi tangguh yang berguna bagi bangsa dan negara,” pungkasnya.

Selepas itu Walikota Padangpanjang Fadly Amran mewakili keluarga besar H. Amran Sutan Sidi Sulaiman menyampaikan harapannya agar masjid yang telah selesai dibangun dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan menyampaikan permohonan maaf kalau selama proses pembangunan masjid ada kesalahan dari keluarga besarnya. 

“Alhamdulillah, niat lama keluarga besar H. Amran Sutan Sidi Sulaiman untuk membantu pembangunan masjid di Nagari Sungai Patai bisa terlaksana dengan baik. Semoga apa yang telah dibangun ini mampu meningkatkan kenyamanan masyarakat dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT, terutama dalam memakmurkan masjid,” ujarnya. 

Sementara itu Bupati Tanahdatar, Eka Putra atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat aktif dalam pembangunan Masjid Ihsan Nagari Sungai Patai. “Seperti penyampaian Wali Nagari dan melihat video proses pembangunan Masjid Ihsan, dapat disampaikan memang di Nagari Sungai Patai ini rasa Gotong Royong masih sangat tinggi, dan saya rasa bisa menjadi rujukan bagi nagari lain di Tanahdatar ataupun di Sumbar,” ujarnya. 

Kemudian Bupati Eka Putra berharap sukses dalam pembangunan juga diikuti kesuksesan dalam pelaksanaan ibadah. “Jangan sampai masjid megah fisik saja, namun hendaknya juga ramai jemaah dalam beribadah. Karenanya saya juga berharap Masjid dibuka 24 jam, namun tentunya juga memperhatikan keamanan dan kebersihannya,” harap Bupati. 

Sesuai salah satu program unggulan kami, tambah Bupati, yakni melahirkan 1 hafiz atau hafizhah dalam 1 rumah tangga, ia yakin Nagari Sungai Patang mampu melaksanakannya. “Melihat semangat gotong royong dan kebersamaan dari masyarakat Nagari Sungai Patai, saya yakin program pemerintah akan berhasil dan sukses dilaksanakan di sini,” ujarnya.

Di kesempatan itu Bupati Eka Putra juga menyampaikan terima kasih kepada keluarga besar H. Amran dan donatur lainnya, atas sumbang dana untuk pembangunan Masjid Ihsan Sungai Patai. “Terima kasih tak hingga kami sampaikan kepada keluarga H. Amran dan donatur lainnya, semoga menjadi amal dan dimudahkan, ditingkatkan rezeki, usahanya ke depannya,” tukas Bupati.


Sedangkan Wali Nagari Sungai Patai, Irfan Zainora menyampaikan ungkapan terima kasih terhadap kehadiran Gubernur Sumbar, Bupati Tanahdatar, Walikota Padangpanjang Fadly Amran dan undangan lainnya. “Alhamdulillah, kegiatan hari ini menjadi kebanggaan bagi kami masyarakat Sungai Patai, betapa tidak kita dihadiri Gubernur, Bupati dan Walikota serta Anggota DPRD dan undangan lainnya. Terima kasih atas kehadiran Bapak dan Ibu undangan semua, mohon maaf kalau ada kekurangan dan hal yang tidak pada tempatnya,” tuturnya. 

 “Terima kasih atas bantuan dari donatur kita keluarga besar H. Amran Sutan Sidi Sulaiman dan bantuan dari donatur serta masyarakat lainnya, sehingga kita sudah memiliki Masjid megah ini, semoga apa yang telah Bapak dan Ibu sumbangkan menjadi amal dan dibalas pahala oleh Allah SWT,” tambahnya. 

Terakhir ia menyampaikan, “Alhamdulillah, hingga saat ini kami masyarakat Sungai Patai masih menjunjung tinggi nilai kebersamaan, sehingga dalam membangun masjid ini kami secara gotong royong bahu membahu mengangkat batu, pasir ataupun lainnya untuk kelancaran pembangunan masjid ini,” pungkasnya. (nas)

Next Post

TINJAU KONDISI BANJIR DI JORONG KUBU KARAMBIE, Wabup Richi Harapkan Semua Pihak Jaga Kebersihan Sungai dan Drainase

Sel Mei 18 , 2021
BATUSANGKAR, KP – Wakil Bupati Tanahdatar, Richi Aprian meninjau Jorong […]