Purnawirawan dan Warakawuri Jalani Vaksinasi Covid-19

LUBUKSIKAPING, KP – Kodim 0305/Pasaman kembali melaksanakan vaksinasi covid-19 yang kali ini khusus bagi para purnawirawan, istri purnawirawan dan Warakawuri TA 2021 di Wilayah Kodim 0305/Pasaman, Selasa (18/5). Sebelumnya, Kodim 0305/Pasaman sudah beberapa kali menggelar kegiatan vaksinasi covid-19, baik kepada prajurit, anggota persit dan PNS.

Vaksinasi covid-19 yang diperuntukkan bagi para purnawirawan, istri purnawirawan dan Warakawuri serta masyarakat Lansia tersebut dilaksanakan di dua lokasi berbeda. Yakni di Kodim 0305/Pasaman dan Koramil 02/Simpangempat Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) dengan melibatkan para petugas medis dari Dinas Kesehatan Pasaman dan tenaga medis Pasbar. 

Dandim 0305/Pasaman, Letkol Inf Ahmad Aziz di Makodim 0305/Pasaman mengatakan, vaksinasi Covid-19 itu bertujuan agar para lansia di wilayah Kodim 0305/Pasaman bisa kebal terhadap Covid-19. “Hari ini Kodim 0305/Pasaman melaksanakan vaksin Astrazeneca untuk para purnawirawan, istri purnawirawan dan Warakawuri serta masyarakat Lansia di wilayah Kodim 0305/Pasaman yang berumur 60 tahun ke atas. Adapun target kami, masyarakat penerima vaksin Astrazeneca ini sekitar 400 orang,” ungkapnya.

Dijelaskannya, kegiatan itu merupakan program dari Komando Atas yang memang diperuntukkan bagi para Lansia di wilayah Kodim 0305/Pasaman, khususnya dengan harapan agar setelah divaksin para masyarakat usia lanjut bisa timbul kekebalan terhadap Covid-19. “Program ini merupakan tindak lanjut dari program vaksinasi nasional yang dicanangkan Pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 sekaligus memperkuat imunitas tubuh khususnya bagi para lansia,” ucapnya.

Dandim juga berpesan kepada masyarakat yang belum divaksin hendaknya tetap disiplin terhadap protokol kesehatan serta jangan ragu dan takut menerima vaksin karena vaksintersebut benar-benar aman, sehat bagi semua. Untuk yang sudah menerima vaksin Covid-19, Dandim berpesan jangan lupa tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 tentang 5M (memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun pada air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta membatasi mobilitas).

Sementara, Pasi Ter Kapten Inf J Sitorus mengatakan, vaksinasi dilaksanakan selama 8 hari, mulai Selasa (18/5) hingga 25 Mei 2021 nanti dengan mengerahkan tenaga medis sebagai vaksinator dari Dinas Kesehatan Pasaman dan Tenaga Medis dari Pasbar. Sedangkan jumlah penerima vaksin ditargetkan sebanyak 400 orang peserta.

Adapun jumlah peserta yang mendaftar untuk vaksinasi yang dilangsungkan di Kodim 0305/Pasaman, dan Koramil 02/Simpang Empat di hari pertama, yakni berjumlah 62 orang. “Dari 62 orang itu, yang lolos divaksin hanya 45 orang. Ada peserta yang telah mendaftar, namun gagal divaksin. Hal itu disebabkan berbagai alasan, mulai dari kondisi yang kurang baik seperti penyakit penyerta,” tambahnya.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk kelancaran dan ketertiban pelaksanaan vaksinasi Covid-19, para peserta vaksin yang terdiri dari para Purnawirawan, Warakawuri serta masyarakat Lansia itu, mulai dari berangkat hingga pelaksanaan selesai dan pulang ke rumah, mereka dikawal langsung para Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang bertugas di wilayah para peserta vaksinasi Covid-19 itu tinggal.

PURNAWIRAWAN DAN PENSIUNAN TNI KODIM 0308/PARIAMAN DIVAKSIN ASTRA ZENECA

Kegiatan sama juga digelar di Kodim 0308/Pariaman. Walikota Pariaman, Genius Umar yang datang meninjau pelaksanaan vaksinasi tersebut menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas penyelenggeraan vaksin yang difasilitasi Kodim 0308/Pariaman.

Wako didampingi Dandim 0308 Pariaman, Letkol Czi Titan Jatmiko yang juga berdialog dan berdiskusi dengan beberapa orang purnawirawan TNI itu sembari memberikan suport, juga meyakinkan bahwa dengan divaksin akan lebih memberi kekuatan dan kekebalan tubuh dari penularan wabah Covid-19.

Lebih lanjut dikatakan Wako, saat ini untuk Kota Pariaman, telah dilakukan vaksinasi terhadap pejabat publik, kalangan pendidikan, tenaga medis yang kesemuanya sudah mencapai 100 persen. Untuk capaian vaksin sendiri untuk Kota Pariaman, saat ini telah mencapai angka 60 persen. Dan khusus untuk lansia sendiri ditargetkan mencapai angka 100 persen dengan ketersediaan vaksin yang tercukupi untuk Kota Pariaman saat ini. Di mana saat ini untuk Kota Pariaman ada sekitar 8 ribu orang lebih lansia.

“Kami imbau kepada seluruh warga Kota Pariaman khususnya lansia, untuk melaporkan diri melalui desa/ kelurahan masing-masing atau langsung bisa ke Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kota Pariaman untuk divaksin,” tuturnya.

Karena sambungnya, lansia sangat rentan tertular Covid-19 sehingga memerlukan pertahanan tubuh dan anti bodi, maka diimbau untuk segera melakukan vaksin. (nst/war)

Next Post

Pembangunan Rampung, Masjid Ihsan Nagari Sungai Patai Diresmikan

Sel Mei 18 , 2021
BATUSANGKAR, KP – Pembangunan telah rampung, Masjid Ihsan, Nagari Sungai […]