Sudah 3 Hari Raya Kita Dilanda Pandemi

TAK terasa, sebentar lagi sudah tiga hari raya akan kita jalani dalam kondisi pandemi corona. Pertama, Hari Raya Idul Fitri 1421 H tahun lalu, kedua Hari Raya Idul Adha, dan seminggu lagi Insya Allah Hari Raya Idul Fitri 1422 H akan kita songsong bersama.

Lebaran setahun lalu tak begitu banyak jemaah Salat Ied di lapangan terbuka. Boleh dikatakan, suasana sepi ketika itu sangat terasa. Hanya beberapa masjid dan musala yang melaksanakan Salat Ieddimotori pengurusnya yang terbilang berani menghadapi risiko. Bukan menghadapi corona, tapi petugas yang diperkirakan datang tiba-tiba melakukan penertiban meski hal itu ternyata tidak terjadi sama sekali.

Kini, pandemi sudah berlangsung setahun lebih. Kapan pandemi ini berakhir belum bisa diprediksi. Kenyataannya, grafik warga yang terpapar justru semakin meningkat. Tak heran, sebab penerapan prokes tampaknya mengendor. Keramaian dan kerumunan terjadi di mana-mana, terutama di pasar pusat perbelanjaan, maupun di kafe-kafe. Jemaah masjid dan musala juga tak sedikit yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Mungkin satu-satunya masjid yang masih tegas menerapkan prokes adalah Masjid Raya Sumbar dan segelintir lainnya.

Meski mudikantar provinsi tak dibenarkan, namun sebagian perantau ada yang nekat pulang juga. Sebelum hari larangan tiba, mereka pulang kampung dengan mendahului larangantersebut dan sudah ada yang selamat tiba di kampung.

Bagaimanapun, kita jelas sudah begitu bosan dan jenuh hidup dikungkung pandemi ini. Memprihatinkan memang. Di tengah masyarakat pun beragam pula versinya menyikapi pandemi corona ini. Begitulah adanya. Sampai kapan kita larut dengan beragam situasi ini? Tak ada jawaban yang pasti. *

Next Post

Pencuri Kerbau Dicokok Polisi

Sel Mei 4 , 2021
LIMAPULUH KOTA, KP- Jajaran Unit Reskrim Polsek Suliki di bawah […]