TERPUTUS SELAMA 12 JAM, Jalan Negara Kabupaten Solok Menuju Muaralabuh Sudah Bisa Dilintasi

SOLOK, KP – Terputus lebih dari12 jam, akhirnya jalan negara yang menghubungkan Alahan Panjang dan Muara Labuh di Kabupaten Solok Selatan, Senin pagi (17/5) sudah bisa dilintasi. “Alhamdulillah jalan negara yang menghubungkan Kabupaten Solok dan Solok Selatan serta Jambi sudah normal kembali hari ini,” terang Kepala Dinas PUPR Kabupaten Solok Syaiful, Senin (17/5).

Sebelumnya, jalur yang menghubungkan Kabupaten Solok dengan Solok Selatan serta Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi itu terputus akibat longsor yang terjadi Minggu (16/5) di sekitar Nagari Aia Dingin, Kecamatan Lembah Gumanti. Akibat longsor yang menimpa jalan negara itu, ratusan kendaraan yang akan menuju Kota Padang dan Kabupaten Solok dari arah Muaralabuh terjebak kemacetan panjang.

Longsor yang menutup akses di Jorong Data, Nagari Aia Dingin, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok itu dipicu akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Solok beberapa hari belakangan. Pengerjaan jalan dengan mendatangkan alat berat dari pemilik tambang dan Dinas PU Provinsi Sumbar sudah dikerahkan ke lokasi sejak Minggu malam untuk memindahkan material yang berisi tanah dan batu pasir tersebut.

Meski sudah bisa dilalui dengan sistim buka tutup, namun Syaiful meminta pengendara tetap diminta hati-hati, karena penanganan tersebut sifatnya sementara dan belum optimal. Selain di Nagari Aia Dingin, akibat curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir, beberapa kawasan lainnya di Kabupaten Solok juga terjadi longsor. Di antaranya Taruang-Taruang dan Siaro-Aro Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Paninjauan Kecamatan X Koto Diatas dan beberapa titik lainnya. (wan)

Next Post

Wako Hendri Septa Minta ASN Jadikan Ramadan Sebagai ‘Bimtek’

Sen Mei 17 , 2021
PADANG, KP- Walikota Padang Hendri Septa memimpin apel gabungan di […]