Triwulan I, Realisasi PAD Bapenda Capai Rp98 Miliar Lebih

PADANG, KP – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Padang mencatat realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) telah mencapai Rp98 milliar lebih.

“Target PAD kita tahun 2021 ini ditetapkan sebesar Rp670,5 miliar lebih. Triwulan I sudah berhasil diraih sebesar Rp98 miliar lebih atau 14,53 persen dari target,” kata Kepala Bapenda Kota Padang Al Amin, Senin (17/5).

Ia mengungkapkan, realisasi PAD tersebut diperoleh dari 6 jenis pajak dari 11 jenis pajak yang dikelola Bapenda Padang.Yakni pajak restoran, reklame, pajak penerangan jalan, pajak sarang burung walet, pajak mineral bukan logam dan batuan.

Al Amin menegaskan pihaknya akan terus melakukan berbagai upaya dalam memaksimalkan pencapaian PAD. Menurutnya, meski pandemi tapi para petugas pemungut pajak di lapangan terus bergerak dan bekerja dalam memaksimalkan penagihan kepada wajib pajak.

Ia berharapwarga Kota Padang patuh dan tepat waktu dalam melaksanakan kewajibannya membayar pajak. “Jika semua kita peduli, maka kita optimis target PAD yang telah ditetapkan itu bisa diraih dengan optimal,” kata Al Amin.

RETRIBUSI PASAR SUDAH TERCAPAI RP 1,2 MILIAR

Sementara itu, proges capaian retribusi pasar di Dinas Perdagangan Kota Padang pada triwulan I telah mencapai Rp1,2 miliar atau 17,39 persen dari target.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Andree Algamarmengungkapkantahun ini retribusi dari pasar ditarget sebesar Rp4,5 miliar. Sedangkan target PAD yang ditetapkan secara keseluruhan di Dinas Perdagangan sekitar Rp15,5 miliar.

“Alhamdulillah, di tengah pandemi PAD dari retribusi pasar sudah terkumpul sekitar Rp1,2 miliar pada triwulan I,” tutur Andree.

Ia optimis dengan sistem pembayaran secara non-tunai atau e-retribusi dapat mengoptimalkan capaian PAD di sektor ini.Menurutnya, e-Retribusi praktis, aman dan simpel, serta dapat meminimalisir terjadinya kebocoran karena uang langsung masuk ke kas daerah.

“Dengan adanya e-retribusi ini, kita optimis dapat meningkatkan PAD khususnya di Dinas Perdagangan,” pungkasnya. (ip)

Next Post

Usai Lebaran, Kehadiran ASN Disidak

Sen Mei 17 , 2021
PADANG, KP – Usai libur Lebaran, Pemko Padang melakukan inspeksi […]