Wawako Asrul Minta Satgas Covid-19 di Kelurahan Dievaluasi

PADANGPANJANG, KP – Wakil Walikota Padangpanjang, Asrul meminta pemerintah di tingkat kecamatan terus melakukan koordinasi sekaligus mengevaluasi Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19 di tingkat kelurahan.

“Satgas di kelurahan perlu lebih intens melakukan antisipasi penyebaran covid-19, seperti prosedur tamu keluar masuk di kelurahan,” ungkap Asrul dalam Rapat Evaluasi Penanganan Covid-19 yang turut dihadiri Kapolres Padangpanjang, AKBPApri Wibowo dan Dandim 0307/TDLetkol. Inf. Wisyudha Utama, di Lantai III Balaikota, baru-baru ini.

Evaluasi tersebut sekaligus sebagai tindak lanjut instruksi PresidenJoko Widodo dan Menteri Dalam NegeriTito Karnavianterkait upaya mewaspadai penyebaran virus Covid-19pada zoom meeting beberapa waktu lalu.

Di samping itu, wawako juga meminta vaksinasi covid-19 terhadap lansia di kelurahan terus disosialisasikan agar para lansia termotivasi mengikuti vaksinasi.

Terkait isolasi mandiri, Asrul meminta hal itu dapat terkontrol dan jangan terlalu banyak, terutama bagi yang terkonfirmasi positif. “Upayakan (isolasi) di tempat tertentu, sehingga kita bisa menekan penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Sementara, Kapolres Apri Wibowomengimbau stakeholder di wilayah sektor kerja masing-masing memegang peranan dan bertanggung jawab dalam menangani dan mengantisipasi penyebaran covid-19.

“Ancaman satu tahun kurungan bagi orang menolak penerapan prokes. Nanti akan disosialisasilan, biar tak salah langkah sehingga mengakibatkan sanksi hukum,” ujarnya.

Dandim 0307/TD, Wisyudha Utama mengapresiasi petugas yang tetap melaksanakan himbauan kepada masyarakat.Disamping itu, pelaksanaan kegiatan PPKM  mikro, arus balik lebaran untuk masyarakat yang baru pulang harus didata. 

“Pelaksanaan keramain harus ada izin dari polres. Kita cegah penumpukan masa. Bulankemarin zona kuning. Bulai Mei langsung oranye. Ini perlu diantisipasi jangan sampai merah,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Plt. Kepala BPBD Kesbangpol, Zulherimengatakan dari laporan Dinas Kesehatan, tingkat kesembuhan covid-19 terbilang cukup tinggi dan kasus covid-19 agak menurun. Meski begitu Zulheri meminta masyarakat tetap waspada. “Jangan sampai tidak mematuhi prokes. Lonjakan kasus bisa saja terjadi bila kita tidak peduli terhadap prokes,” katanya. (sup/*)

Next Post

Timbangan Pedagang di Kelurahan TPL Ditera Ulang

Rab Mei 26 , 2021
PADANGPANJANG, KP – Guna menciptakan ‘Kelurahan Tertib Ukur’, inovasi dilakukan […]