20 Juni 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

PENANGANAN COVID-19, Tim Mabes Polri Apresiasi PPKM Mikro di Mata Air

PADANG, KP – Mabes Polri yang dipimpin Korbimas Baharkam, Kombes Pol Nasrun Fahmi melakukan peninjauan terhadap Pos PPKM mikro di Kelurahan Mata Air Kecamatan Padang Selatan, baru-baru ini. Kegiatan ini dalam rangka melakukan monitoring pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro, sesuai dengan e-Mendagri Nomor 12 tahun 2021.

Dalam kunjungannya, Tim memuji sinergitas dan peran aktif seluruh masyarakat bersama dengan pemerintah, Babinkamtibmas dan Babinsa dalam menjaga wilayahnya dari penyebaran covid-19.

“Ini yang kita harapkan, sesuai dengan konsepnya PPKM mikro memang menggerakkan RT/RW, karena merekalah yang lebih tahu dan paham kondisi yang terjadi di tengah masyarakat,”ujarnya.

Ia manambahkan, selain melakukan edukasi dan sosialisasi para tokoh masyarakat harus mampu menjadi contoh penerapan protokol kesehatan bagi warganya.

“Hal itu dimulai dari kita, sebelum menyuruh orang lain memakai masker tentu terlebih dahulu kita yang harus selalu memakai masker jika beraktifitas di luar rumah,” imbuhnya.

Semua upaya ini,katanya, adalah demi mempercepat penanganan pandemi COVID 19, demi mewujudkan Indonesia bebas dari pandemi yang telah melanda lebih dari satu tahun.

Sementara, Lurah Mata Air, Betty Ernita menjelaskanpihaknya bersama tokoh masyarakat, Babinkamtibmas dan Babinsa secara rutin memantau dan mendata masyarakat yang keluar masuk wilayahnya.Selain memiliki Kongsi covid-19, Mata Air juga memiliki dua buah rumah yang difungsikan sebagai tempat isolasi mandiri bagi warga yang positif covid-19maupun warga yang menjalani karantina setelah bepergian ke daerah yang masuk zona merah.

“Setiap warga yang datang atau kembali dari luar daerah akan kita data, mereka yang kembali dari daerah kategori zona merah akan dilakukan Swab oleh Puskesmas, jika hasil Swab positif maka yang bersangkutan akan kita lakukan tempatkan di rumah isolasi,” ujarnya.

Menurut Betty, selama menjalani isolasi Kongsi COVID akan bergerak membantu memenuhi kebutuhan warga tersebut, sementara tenaga kesehatan dari Puskesmas akan memantau hingga warga tersebut dinyatakan negatif berdasarkan hasil Swab berikutnya.

Pada kunjungan ini, Tim Mabes Polri didampingi langsung oleh Kapolresta Padang, Kombes Pol Imran Amir, Kapolsek Padang Selatan, AKP Purwanto dan Camat Padang Selatan,Teddy Antonius. (MC Padang/RA/Irwan Rais/Eyv)