20 Juni 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Personel Polres Bukittinggi Ikuti Tes Psikologi

BUKITTINGGI, KP – Polres Bukittinggi melakukan tes psikologi bagi personel Polres Bukittinggi. Tes yang dihadiri Kapolres AKBP Dody Prawiranegara itu dilaksanakan di Aula Serba Guna Polres Bukittinggi, Rabu (9/6).

Kapolres Bukittinggi, AKBP Dody Prawiranegara didampingi Kabag Sumda Polres Bukittinggi Kompol Irwan Santoso menjelaskan, tes psikologi itu dilaksanakan Polres Bukittinggi sebagai kegiatan berkala yang dilakukan Bagian Psikologi Biro SDM Polda Sumbar. Tujuannya untuk lebih mengetahui perilaku dan mental serta melakukan mapping personel Polres Bukittinggi dan jajaran untuk menghadapi tugas Polri yang semakin berat. 

Menurut AKBP Dody Prawiranegara, tes psikologi itu juga proses untuk mengetahui mental para personel yang mau pinjam pakai senjata api dinas Polri. Kemudian juga sebagai bahan konseling bagi personel Polri. Untuk itu sebagai Kapolres, ia memerintahkan Bagian Sumda Polres Bukittinggi untuk teliti dan mempelajari nantinya setelah keluar hasilnya dari Polda Sumbar, sebagai bahan dalam pelaksanaan tugas Personel Polres Bukittinggi.

Sementara Kabag Sumda, Kompol Irwan Santoso sebagai pembina personel Polri Polres Bukittinggi dan jajaran menjelaskan, tes itu dilakukan sesuai perintah Kapolres Bukittinggi untuk melakukan mapping terhadap personel Polres Bukittinggi dan jajarannya. “Melalui kegiatan ini nantinya kita dapat lebih mengetahui perilaku dan mental masing-masing personel tersebut. Melalui itu kita sebagai unsur pembina personel dapat memberikan masukan kepada pimpinan setiap adanya pelaksanaan tugas, serta juga dalam hal pinjam pakai senpi Polri,” ungkapnya.

Selain itu tes psikologi tersebut juga diikuti Kabag dan Kasat serta Perwira sebanyak 32 orang dan 77 orang Bintara. Adapun Tim Psikologi Biro SDM Polda Sumbar yang melakukan tes psikologi, yakni AKP Kabut Setia Budi (Kasubag sipers Bag Psi Ro SDM Polda Sumbar), Ipda Oki Mahendra (Paur Subbagsipers Bag Psi Ro SDM Polda Sumbar), Brigadir Andi Purwanto (Banum Subbagsipers Bag Psi Ro SDM Polda Sumbar). Kemudian Briptu Yoga Panca (Depri Banum Subbagsipers Bag Psi Ro SDM Polda Sumbar) dan Penata Zasmariyati (Paur Subbag Sipol Bag Psi Ro SDM Polda Sumbar) didampingi Iptu Josua Surbakti (Konselor Psikologi Polres Bukittinggi). (oki)