27 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

MAKEDONIA VS BELANDA, Pemanasan Jelang Babak Gugur

AMSTERDAM, KP – Belanda akan menjamu tim ‘karah-karah’ Makedonia pada ronde ke-3 Grup C EURO 2020, Senin malam nanti (21/621) di Johan Cruyff Arena Stadium. Pasca-memenangi dua laga awal, Belanda pun dipastikan lolos ke babak 16 besar. Sehingga, pertandingan menghadapi Makedonia akan menjadi pemanasan untuk mematangkan strategi bagi Belanda jelang bertempur di babak gugur nanti.

Di atas kertas, Makedonia seharusnya dapat diatasi dengan sangat mudah oleh Belanda. Namun, dua kemenangan yang mereka raih atas Ukraina dan Austria sejatinya hanya karena faktor keberuntungan saja. Bahkan, Belanda nyaris gagal meraih kemenangan atas Ukraina. Untung saja ada gol penentu pada menit akhir melalui sepakan Denzel Dumfries. Sehingga, bisa disebut bahwa Ukraina dan Austria adalah lawan yang tidak begitu menantang.

Performa Belanda pun sejauh ini masih sangat biasa. Mereka tidakseperti  sepenuh hati untuk melakukan penyerangan yang kreatif. Terkadang dengan pemain gelandang yang banyak pun aliran bola ke depan tidaklah sebaik Timnas Belanda era Arjen Robben, Van Nistelrooy, atau Sneijder, dimana saat zaman tersebut merupakan era keemasan timnas Belanda.

Saat ini memang tidak begitu banyak pemain bintang yang bertebaran di lineup Frank De Boer. Tetapi perjuangan mereka cukup patut diacungi Jempol hingga bisa bertengger di puncak Grup C dengan enam poin. Kini mereka sudah tidak ada waktu lagi untuk kalah. Sebab, fase 16 besar akan memakai sistem gugur yang pastinya menegangkan. Kalah, langsung angkat koper. Frank de Boer tentu berharap banyak kepada Memphis Depay yang sejauh ini mampu mengoleksi beberapa gol kemenangan.

Jadi, sangat memalukan bila mereka tidak mampu mengalahkan Makedonia karena hal tersebut bisa dijadikan pelajaran bagi siapapun lawan Belanda di babak 16 besar nanti.

Dari kubu lawan, dua kekalahan beruntun yang mereka dapat sangat wajar karena mereka sejauh ini tidak memiliki amunisi pemain yang mumpuni.Namun beberapa upaya mereka untuk menang tentu tidaklah hilang. Beberapa gol penghibur telah mereka usahakan untuk menguji kemampuan para pemain.Kali ini mereka akan menghadapi salah satu raksasa terkuat di fase grup ini. Tentunya mereka akan terus belajar dari lawan-lawan yang kuat. Semoga saja timnas Macedonia lebih beruntung lagi untuk menguji kemampuan mereka.

Meskipun dapat dibilang laga ini menjadi laga penghibur, tentu saja timnas Belanda tidak bisa menganggap remeh lawan. Agar menghindari hal yang tidak diinginkan mereka wajib tampil maksimal.

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN

Makedonia: Dimitrievski; Ristovski, Musliu, Velkovski, Ademi, Spirovski, Alioski, Nikolov, Bardhi, Elmas, Pandev.

Belanda: Stekelenburg; Blind, van Aanholt, de Vrij, Dumfries, Timber, Wijnaldum, de Roon, de Jong, Depay, Weghorst.

HEAD TO HEAD

2/4/2009Belanda (4-0) Macedonia

11/9/2008Macedonia (1-2) Belanda

13/10/2005Belanda (0-0) Macedonia

10/10/2004Macedonia (2-2) Belanda