27 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Usut Segera Proyek di Simancung

PROYEK Drainase diduga bernilai ratusan juta rupiah di Jorong Simancung, Nagari Padang Sibusuk, Kecamatan Kupitan, Kabupaten Sijunjung diduga dilaksanakan asal jadi saja tanpa mendapat pengawasan dari pihak terkait.

Proyek yang terdapat di pinggir jalan Lintas Sumatera itu begitu rapuh. Didorong pakai tangan saja sudah rusak. Diduga perpaduan material yang digunakan untuk pembuatan drainase tidak sesuai takaran yang semestinyasehingga mudah saja roboh alias ambruk.

Konon kabarnya proyek drainase yang membentang hingga ke daerah Kiliran Jao itu dikerjakan oleh kontraktor asal Medan dengan masa waktu selama 344 hari.

Lantaran proyek itu diduga dilaksanakan tidak sesuai yang diharapkan, maka hendaknya aparat penegak hukum, baik kepolisian ataupun kejaksaan sudah harus turun tangan untuk mengusutnya. Bila benar ditemukan adanya kesalahan prusedur yang merugikan keuangan negara maka segera ditindak dan diproses secara hukum.

Kita berharap proyek tersebut tahan lama dan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat. Dengan telah diapungkannya oleh KORAN PADANG proyek yang diduga asal jadi itu, maka tak ada alasan bagi pihak penegak hukum untuk mendiamkannya. Lakukanlah secepatnya penyelidikan ke lapangan sambil memeriksa drainase yang rapuh itu. Kita yakin pihak kepolisian dan kejaksaan setempat sudah memonitor proyek tersebut. Mungkin saja aparat penegak hukum disana sudah turun tangan, tetapi belum diketahui publik.

Dengan adanya tindakan tegas bahkan jika kasusnya sampai ke pengadilan, maka kontraktor lainnya bakal berpikir ulang untuk melakukan pelanggaran dalam melaksanakan proyek di masa yang akan datang. Semoga. *