DPRD Gelar Rapat Paripurna Pembahasan RPJMD Kabupaten Solok Tahun 2021-2026

SOLOK, KP – DPRD Kabupaten Solok menggelar rapat paripurna dengan agenda tentang pembahasan RPJMD Kabupaten Solok Tahun 2021-2026 di Ruang Sidang DPRD setempat, Jumat (28/5).

Pada kesemparan itu Bupati Solok Epyardi Asda menyampaikan, sesuai Permendagri No 86 Tahun 2017, kepala daerah yang memenangkan pemilu diwajibkan menyusun dokumen perencanaan jangka menengah sebagai landasan melaksanakan pembangunan daerah yang menjabarkan visi, misi serta program prioritas pembangunan sesuai janji politik pada saat pemilu.

Setelah pelaksanaan kegiatan konsultasi publik dilakukan, maka selanjutnya diajukan dokumen rancangan awal RPJMD tahun 2021-2026 agar dapat dibahas dan disepakati bersama. Rangkaian kegiatan itu berfungsi sebagai penyempurnaan untuk menselaraskan RPJMD Kabupaten Solok. “Perencanaan pembangunan yang dirancang ini diharapkan tidak hanya berupaya untuk menyelesaikan permasalahan saat ini, namun juga mampu mengantisipasi permasalahan yang muncul di masa akan datang,” terangnya.

Pihaknya menyebutkan, peran DPRD sangat strategis dalam proses penetapan perencanaan kegiatan pembangunan, yaitu dalam pengertian apa yang direncanakan bersama memerlukan komitmen untuk mengalokasikan anggaran, sehingga rencana dapat dilaksanakan dan direalisasi dengan baik. Dengan naiknya posisi kinerja pembangunan sosial ekonomi kabupaten solok yang telah mengalami keterpurukan selama satu dekade terakhir, maka marwah Kabupaten Solok akan mengalami peningkatan dengan sendirinya.

“Meskipun tidak akan tercapai dalam waktu yang singkat, paling tidak pernyataan “menjadikan Kabupaten Solok menjadi kabupaten terbaik di Sumatra Barat memacu kita untuk masuk kelompok terbaik pada beberapa bidang pembangunan ekonomi dan sosial,” sebutnya.

Pemkab Solok kata dia, bertekad pada tahun 2025 indikator pertumbuhan ekonomi, indeks pembangunan manusia, tingkat pengangguran, Gini Ratio, pendapatan perkapita Kabupaten Solok tidak berada pada peringkat yang rendah lagi seperti yang diperlihatkan data pada tahun 2020.

Lebih lanjut dikatakannya, pelaksanaan seluruh agenda pemerintah daerah yang telah direncanakan tersebut didukung estimasi/proyeksi kerangka pendanaan tahun 2021 sebesar Rp 1.286.734.067.920 (satu triliun dua ratus delapan puluh enam milyar tujuh ratus tiga puluh empat juta enam puluh tujuh ribu sembilan ratus dua puluh rupiah).

Bupati berharap peraturan daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Solok tahun 2021-2026 dapat diselesaikan tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Selain itu tampak hadir pada kegiatan tersebut Bupati Solok Epyardi Asda, Wakil Bupati Solok Jon F Pandu, Ketua DPRD Kab Solok Dodi Hendra, Wakil Ketua DPRD Kab. Solok Ivoni Munir dan Lucky Efendy, Sekretaris Daerah Kab Solok Aswirman, Plt. Sekretaris DPRD Kab. Solok Mulyadi Marcos, Forkopimda Kab. Solok, SKPD Lingkup Pemda Kab. Solok. (wan)

Next Post

Wabup Sabar AS Dukung Pengusaha Kembangkan Wisata Lokal

Sel Jun 1 , 2021
LUBUKSIKAPING, KP – Wakil Bupati Bupati Pasaman, Sabar AS mendukung […]