JANGAN TAKUT PADA SELAIN ALLAH

Alhamdulillah, segala puja dan puji hanya milik Allah SWT, Rabb yang Maha Kasih dan Maha Penyayang. Salawat dan salam semoga tercurah buat panutan umat, Nabi Muhammad SAW.

Berlindung kita pada Allah dari rasa takut yang tidak sepantasnya. Yang tak perlu ditakuti jangan ditakuti. Misalkan kita naik pesawat, jika dibayangkanyang buruk-buruk seperti pesawat menabrak awan, pesawat rusak, jatuh, dan lain sebagainya pasti rasa takut naik pesawat tambah hebat.

Begitupun dengan seluruh sisi kehidupan, banyak yang ditakuti, tapi tak apa-apa. Disini perlu keyakinan. Apapun tak akan menimpa seseorangkecuali telah ditakdirkan padanya. Di atas pesawat sama saja dengan di muka bumi. Bumi juga bisa berkeping-keping dalam hitungan menit. Rasa takut membuat hidup tak nyaman hingga takut menghadapi masa depan. Padahal masa depan hendaknya diisi dengan penuh harapan dan optimis, bukan dengan ketakutan.

Ada orang yang tak berani menikah, karena mengganggap setelah menikah hidup jadi berat. Padahaltidak demikian. Memikirkan hidup berdua lebih ringan daripada memikirkan hidup sendiri. Jalan berdua lebih aman dari jalan sendiri. Bila diperhatikanbanyak sekali rasa takut yang merugikan. Sehingga, rasa takut jadi penghalang untuk kemajuan. Ada orang tak berani jadi pedagangkarena berpikiran jadi pedagang sulit sekali dan banyak risiko.

Pedagang ikan yang berkeliling dari rumah-kerumah, banyak kenalan dan banyak teman. Dengan banyak teman, banyak pula peluang yang didapatkan. Peluang yang tampak dikejar, bisa pula mengubah nasib. Bila setiap berpikirrisiko yang dibayangkan, mana mungkin bisa maju. Risiko memang harus diperhitungkan, tapi kalau takut risiko jadi tidak berbuat apa-apa maka sangat merugikan. Contoh, memanjat kelapa bisa jatuh, tapi bila selalu memikirkan takut jatuh, takkan pernah mencicipi dan merasakan sejuknya air kelapa. Tatkala mulai memeluk pohon kelapa, cobalah naik satu-persatu. Tak lupa kuatkan genggaman, sampai dipuncak pohongulingkan kelapa satu persatu ke bawah. Turun pohon tak sesulit memanjat.

Umumnya apa saja yang dimulai di dunia ini pasti sulit, makin lama-makin mudah. Star pertama pasti persneling satu, bila telah melaju mudah saja bergerak ke porsneling selanjutnyatergantung kondisi jalan yang dilalui. Karena itu, siapapun kitajangan selamanya berpikir tak mungkin. Ubahlah pikiran jadi mungkin karena bagi Allah tak ada yang tidak mungkin. Dan Allah akan memberi hasil bagi yang mau berbuat danberusaha. Semoga. *

Next Post

HILANGKAN KESAN BAU DAN KUMUH, DLH Jadikan Lokasi Kontainer Sampah Sebagai Kawasan Hijau

Kam Jun 3 , 2021
PADANG, KP – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang terus […]