Lakukan Penajaman, Pemkab Gelar Musrenbang RPJMD Limapuluh Kota 2021-2026

LIMAPULUH KOTA, KP- Guna melakukan penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan pembangunan daerah, Pemkab Limapuluh Kota menggelar Musrenbang RPJMD Kabupaten Limapuluh Kota Tahun 2021-2026 dengan melibatkan seluruh stakeholder, para ahli, pemangku kepentingan dan seluruh elemen masyarakat, di Aula Kantor Bupati Limapuluh Kota, Senin(31/5), secara langsung dan virtual.

Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo saat membuka kegiatan tersebut, mengatakan RPJMD adalah penjabaran dari visi, misi, dan program Kepala Daerah yang dalam penyusunannya,berpedoman pada RPJPD dan RPJM Nasional, untuk memuat arah kebijakan keuangan Daerah.

“RPJMD ini telah melalui beberapa tahapan, saat ini kita sudah dalam tahap dokumen rancangan, yang sebelumnya juga sudah menyusun Rancangan Awal RPJMD setelah dibahas dalam acara Forum Konsultasi Publik untuk mendapatkan masukan. Rancangan Awal tersebut juga sudah kita bahas bersama DPRD Limapuluh Kota dan dikonsultasikan dengan Pemerintah Provinsi Sumbar untuk mendapatkan saran penyempurnaan menjadi Rancangan RPJMD,” ucapnya.

Untuk itu, dalam mencapai visi misi serta prioritas pembangunan dan arah kebijakan Kabupaten Limapuluh Kota, mesti harus dikritisi bersama agar tepat sasaran.

“Kita harus kritisi. Mohon maaf, ayo kita lemparkan dalam forum ini. Ini belum sempurna, perlu penajaman untuk mencapai indikator yang jelas,” ujarnya.

Bertekad untuk terus maju dalam pengembangan kabupaten Limapuluh kota yang lebih baik serta usaha dalam peningkatan ekonomi masyarakat meski dalam kondisi himpit pandemi Covid 19, Bupati yang dikenal rendah hati itu mohon dukungan dan dorongan dari semua pihak agar target, sasaran, serta program yang akan di tetapkan betul-betul dapat diwujudkan.

“Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Untuk itu, kita perlu bekerja sama dengan semua pihak termasuk OPD untuk mewujudkan Lima Puluh Kota yang lebih baik. Kita Bupati Limapuluh Kota tidak memikirkan jabatan yang kedua, yang penting bagi kami dapat membawa kemajuan di daerah ini. Mari sama-sama bekerja dan nyaman dalam bekerja,” imbau bupati.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPR RI Dapil II Sumbar, Rezka Oktoberia mengucapkan selamat kepada Bupati Limapuluh Kota atas penghargaan Kampuang Sarugo di ajang API (Anugarah Pesona Indonesia) di NTT baru-baru ini

“Selamat pada Kabupaten Limapuluh Kota. Kita dapat (API) dan alhamdulillah, telah dijemput pak Bupati. Harapan kita akan ada apresiasi apresiasi lain. Ini jadi cambuk bagi kita dibidang wisata dan bidang bidang lainnya,” ungkap Rezka.

Sebagai wakil rakyat dan anak daerah asli Limapuluh kota, Rezka Berharap RPJMD harus dapat meningkatkan pembangunan yang lebih produktif, meski ditengah himpitan pandemi Covid 19, sektor ekonomi menjadi prioritas utama yang membutuhkan terobosan terobosan dalam menopang ekonomi.

“Mengingat jabatan kepala daerah yang singkat, kita harus dapat memaksimalkan segala potensi daerah dengan pemanfaatan teknologi digitalisai yang saat ini tengah berkembang pesat secara global,” cetusnya.

Pembukaan Musrenbang RPJMD Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun 2021-2026juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumbar H. Irsyad Syafa, Forkopimda Limapuluh Kota,Tim Ahli Penyusun RPJM, Sekda, Widya Putra, M.Si, Ketua TP PKK Kabupaten Limapuluh Kota, Nevi Zulvia Safaruddin, Kepala OPD, Camat, Stakeholder terkait dan tokoh masyarakat. (dst)

Next Post

Peringati Hari Tanpa Tembakau, Satpol PP Payakumbuh Tertibkan Iklan Rokok

Sel Jun 1 , 2021
PAYAKUMBUH, KP-Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia yang diperingati setiap 31 […]