Penyegaran Birokrasi, Kemenag Pasaman Rotasi Sejumlah ASN

LUBUKSIKAPING, KP – Guna pemenuhan kebutuhan organisasi di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Pasaman, Dedi Wandra selaku Kepala Kemenag Pasaman kembali melakukan rotasi di lingkungan kerjanya, Rabu (2/6).

Kakan Kemenag Pasaman, Dedi Wandra menyampaikan, rotasi jabatan tidak lebih dalam rangka memberikan penyegaran serta menjaga kontinuitas kelancaran pelaksanaan tugas dengan baik, di samping memang rotasi itu adalah sebuah keharusan dikarenakan memang ada hal yang menuntut untuk dilakukan rotasi. “Rotasi ini dilakukan memang karena tuntutan organisasi. Ini merupakan suatu yang lumrah di tubuh pegawai,” ujarnya usai menyerahkan SK rotasi ke jajarannya.

Dedi Wandra mengatakan, rotasi itu dilakukan dalam rangka melakukan penyegaran serta meningkatkan kinerja. Karena dalam sebuah lembaga sangat penting melakukan rotasi maupun mutasi. Menurutnya, sebagai ASN kita memang harus memiliki kesanggupan dan berkewajiban menaati peraturan perundang-undangan dan peraturan kedinasan. 

“Rotasi maupun mutasi juga merupakan salah satu upaya dalam sistem birokrasi untuk menjawab kebutuhan instansi, sekaligus sebagai penyegaran ASN dalam menjalankan tugas kedinasannya. Dan ini juga sesuai peraturan perundang-undangan kepegawaian,” terangnya.

Lanjutnya, rotasi itu juga dilakukan atas dasar kesesuaian antara kompetensi ASN dengan persyaratan jabatan, klasifikasi jabatan dan pola karir, memperhatikan kebutuhan lembaga dan dengan memperhatikan larangan konflik kepentingan. “Bagi ASN yang telah menerima SK, ke depan dapat menjalankan amanahnya dengan senang hati sesuai tusinya, memberikan kinerja maksimal serta ikhlas tanpa berfikir negatif terhadap pergesaran yang diterimanya,” pinta Dedi Wandra.

Sementara Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Asrul menjelaskan, beberapa ASN Kemenag Pasaman yang dirotasi yakni M. Harun yang sebelumnya bertugas di bagian Penyelenggara Zakat Wakaf, dirotasi ke seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren sebagai pengelola data EMIS bertukar tempat dengan Aprisda Royani. Selanjutnya, Marleni bendahara keuangan Haji dan Umrah Kankemenag pindah ke MTsN 1 Pasaman dengan tugas yang sama menggantikan posisi, Elchi Rahmita yang ditugaskan ke tempat yang baru di MTsN 3 Pasaman.

Lanjutnya, dalam rotasi itu, Kakan Kemenag Pasaman juga menyerahkan SK Kepala Urusan Tata Usaha MTsN 5 Pasaman yang diamanahkan kepada Haris menggantikan pejabat sebelumnya yang telah meninggal dunia dan diserahkan pula SK pensiun kepada Padri. Acara penyerahan SK rotasi tersebut dilaksanakan usai apel pagi di Halaman Kemebag setempat yang dihadiri seluruh jajaran Pejabat di lingkungan Kemenag Pasaman dan ASN Kemenag lainnya. (nst)

Next Post

Nagari Koto Baru Wakili Pasbar Ikuti Lomba PKK Tingkat Provinsi Sumbar

Rab Jun 2 , 2021
SIMPANGEMPAT, KP – Dalam rangka Lomba Gerakan PKK tahun 2021 […]