SUKSES RAIH TROFI API 2020 , Bupati Safaruddin AJak Warga Kampung Sarugo Jaga Kekompakan

LIMAPULUH KOTA, KP- Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo didampingi Ketua TP-PKK Nevi Zulvia Safaruddin dan Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB), Riki Saputramenyerahkan trofi dan piagam penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) Tahun 2020 yang diraih Kampung Sarugo (Saribu Gonjong) Jorong Sungai Dadok, Kenagarian Kototinggi, Kecamatan Gunung Omeh, Kabupaten Limapuluh Kota.

Penyerahan trofi dan piagam penghargaan tersebut berlangsung meriah dalam alek anak nagari yang dihadiri Wakil Ketua DPRD Wendi Chandra dan anggota DPRD Khairul Apit, kepala OPD, camat, ninik mamak dan tokoh masyarakat Kototinggi, Selasa lalu (1/6).

Pada kesempatan itu sekaligus dilakukan pengukuhan 12 pengurus kelompok sadar wisata (Pokdarwis) se-Kecamatan Gunuang Omeh oleh Bupati Safaruddin.

Sebelumnya, penghargaan API 2020 itu diterima langsung Bupati Safaruddin Dt Bandaro Rajo di Inaya Bay Komodo Hotel, Labuan Bajo, Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur pada 20 Mei 2021.

Anggota DPRD Limapuluh Kota, Khairul Apit mengaku terharu dengan kerja keras seluruh komponen yang telah mengangkat potensi Kampung Sarugo hingga berhasil meraih penghargaan dalam ajang API 2020. Termasuk upaya tak kenal lelah dari UMSB selaku pihak yang membina Kampung Sarugo. Atas keberhasilan itu, Khairul Apit berjanji menganggarkan dana studi banding pada tahun 2022 bagi pelaku UMKM dan pokdarwis.

“Masih banyak potensi yang bisa digali di Koto Tinggiagar wisatawan tak bosan berkunjung ke nagari yang terkenal dengan Jeruk Siam Gunuang Omeh (Jesigo) ini.Kita adalah sentral penanaman komoditi jesigo dan banyak daerah lain yang mengikuti jejak kita. Jangan sampai kita kalah saing dengan daerah lain,” ujarnya.

Sementara, Rektor UMSB Riki Saputra menyampaikan kedepan banyak hal yang masih ingin pihaknya lakukan dalam mengembangkan Kampung Sarugo sebagai destinasi wisata. “Tanpa dimintapun, UMSB tetap terus bersama-sama warga Gunuang Omeh dalam mengembangkan semua potensi yang ada,” katanya sembari mengapresiasi Wakil Rektor III UMSB, Mochammad Abdi selaku top leader yang berhasil menggabungkan kekuatan dari berbagai unsur sehingga berbuah prestasi API 2020.

Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin turut menyampaikan apresiasi kepada UMSB yang telah berhasil menjadikan Kampuang Sarugo meraih prestasi membanggakan di tingkat provinsi dan nasional. Bupati juga mengungkapkan pihanya akan memperjuangkan agar Kampuang Sarugo lebih menjadi terkenal lagi dan memperbaiki sarana dan prasarana yang dibutuhkan, termasuk akses transportasi.

“Ini adalah bukti nyata keberhasilan kolaborasi pemda, legislatif, dan masyarakat. Namun jangan larut dalam euforia dan trofi dibawa tidur sementara nagari didiamkan. Mari kita hidupkan terus kekompakan masyarakat,”kata Bupati Safaruddin. (dst)

Next Post

‘Diplomasi Randang’ Ala Erwin Yunaz Diapresiasi Wawako Esenyurt Istanbul

Kam Jun 3 , 2021
PAYAKUMBUH, KP- Wakil Walikota Esenyurt Istanbul, Turki, Abdurrahman Ada menyampaikan […]