BUPATI DAN MANTAN BUPATI BICARA SOAL DAERAH, Alis Marajo: Hilangkan Masalah Kecil dan Kecilkan Masalah Besar

LIMAPULUH KOTA, KP – Rapat koordinasi yang digelar Pemkab Limapuluh Kota di aula kantor Bupati Bukik Limau Sarilamak, Kecamatan Harau, Rabu (22/9) dengan menghadirkan dua mantan Bupati dr. Alis Marajo Dt. Sori Marajo dan Ir. Irfendi Arbi serta beberapa mantan pejabat dan tokoh masyarakat, melahirkan beragam penilaian bagi para pegawai di lingkungan rumah Bagonjong Bukik Limau.

Pasalnya, jarang terjadi seorang Kepala Daerah yang baru berkuasa tenyata berjiwa besar dan berusaha menghilangkan ego kepemimpinan sesuai sekehendak hatinya. Itulah yang dilakukan Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, yang mengaku sadar dan memahami bahwa mengemban tugas sebagai Bupati, tugas dan tanggung jawabnya amatlah berat.

“Untuk itu, sebagai langkah awal dijalankannya program pembangunan seperti telah tertuang dalam RPJMD dan visi misi, saya sengaja mengundang dua mantan Bupati dr. Alis Marajo Dt. Sori Marajo dan Ir. Irfendi Arbi. Termasuk sejumlah mantan birokrat yang sudah berpengalaman serta sejumlah tokoh masyarakat, meminta masukan, arahan, saran dan pendapat terkait program pembangunan yang akan dilaksanakan di daerah ini,” ungkap Bupati Safaruddin.

Diakui Bupati, kedatangan mantan bupati dan para tokoh menjadi pendorong semangat bagi dirinya membangun Limapuluh Kota ke depannya. Ditekankan Bupati Safaruddin, jajaran OPD yang ada di lingkungan Pemkab Limapuluh Kota diminta fokus membuat rencana dan program yang mengacu pada RPJMD dengan 5 program unggulan.

“Program rumah tahfizd, penguatan lembaga adat, pembangunan IKK Sarilamak dan mebuka jalan dua jalur di Sarilamak. Selanjutnya prioritas pembangunan sektor pertanian, terutama pengembangan tanaman jagung. Selanjutnya pariwisata, perlu adanya bimbingan kepada seluruh Pokdarwis di setiap objek wisata dan membangun destinasi-destinasi wisata baru dan pembangunan infrastruktur,” ulas Bupati Safaruddin.

Di samping itu imbuh Bupati Safaruddin, dia meminta setiap OPD harus menuntaskan program-program yang tertinggal, terutama berkaitan dengan belanja modal dan terkait kesejahteraan masyarakat. Serta fokus membuat rancangan tahun 2022 yang mengacu pada RPJMD yang sudah disahkan DPRD.

AYO BEKERJA

Sementara itu mantan Bupati dr. Alis Marajo Dt,Sori Marajo, mengaku bangga dan tersanjung karena dalam rapat koordinasi (rakor) yang digelar Pemkab Limauluh Kota, sesepuh sangat disegani di Luak Limopuluah itu diundang Bupati Safaruddin hadir memberikan pandangan dan pokok pikiran. Terutama soal pengalamannya mengelola  pemerintahan selama dua priode menjadi Bupati.

“Saya benar-benar salut dengan Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo. Saya mengibaratkan dia lengkungan parabola yang awal karir dari Kepala Desa selanjutnya menjadi anggota DPRD, Ketua DPRD hingga jadi Bupati,” ujar Alis Marajo mengawali pidatonya.

Dinyatakannya, RPJMD telah disahkan. Mari bangun Limapuluh Kota. Pihaknya mendukung 5 program unggulan Bupati Safaruddin, karena program yang telah dituangkan dalam visi-misi Kepala Daerah itu sangat strategis. Menurut Alis Marajo, visi-misi Bupati Safaruddin sangat jelas dan patut kita dukung. Di mana dalam visi-misinya seluruh sektor terdapat di dalamnya mulai dari segi agama, adat dan kebudayaan, penguatan tiap nagari dan pembangunan Ibu Kota Kabupaten, peningkatan kualitas SDM dan peningkatan infrastruktur.

“Ayo terus bekerja. Hilangkan masalah kecil dan kecilkan masalah besar sehingga kita akan terus fokus untuk bekerja,” pinta Alis Marajo.

Sementara itu mantan Bupati Irfendi Arbi menyatakan silaturahmi adalah sangat penting. “Ini adalah momen langka, sebab dari pertemuan ini kita dapat berkumpul dan ini merupakan pertemuan pertama kalinya bertemunya dua mantan Bupati dengan Bupati,” ujar Irfendi Arbi.

Pada rapat koordinasi itu, Irfendi Arbi mengaku akan mendukung penuh program Bupati, karena program Bupati Safaruddin selaras dengan programnya dulu dalam membangun Limapuluh Kota. “Saya ingatkan bagi ASN di jajaran Pemkab di bawah komando Bupati Safaruddin mengerjakan kegiatan sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku. Mari kita ikhlas bekerja. Jika niat kita sesuai pengabdian, maka kita akan mendapat rahmat dan nikmat dari Allah SWT dan seluruh pekerjaan pasti akan dipermudah,” paparnya.

Di penghujung paparannya, Irfendi Arbi meminta kepada Bupati Safaruddin untuk menggali potensi Nagari, guna meningkatkan sejahteraan masyarakat. “Karena suasana Covid-19, kita minta kepada Bupati Safaruddin terus meningkatkan kegiatan keagamaan dan tetap memberikan perhatian kepada garin, imam masjid, guru ngaji untuk diberi honor. Kemudian anak yatim-piatu dan fakir miskin disantuni,” ujar Irfendi Arbi.

Yang tak kalah pentingnya ingat Irfendi Arbi, Bupati Safaruddin bersama jajarannya agar mampu mempertahankan WTP di Limapuluh Kota. “Kita sudah 6 kali mendapatkan WTP. Apabila berhasil mendapat WTP sebanyak 10 kali berturut-turut, akan mendapatkan reward dan dapat membantu daerah kita,” pungkasnya. (dst)

Next Post

KUA Diminta Percepat Proses Sertifikasi Tanah Wakaf

Kam Sep 23 , 2021
BATUSANGKAR, KP – Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tanahdatar H. Syahrul membuka secara resmi Rapat Koordinasi Advokasi Asset Wakaf Kabupaten Tanahdatar antara Kemenag dengan PPN dan Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf (PPAIW) se-Kabupaten Tanahdatar di aula Kantor KUA Kecamatan Rambatan, Kamis (23/9). Rapat Koordinasi Advokasi Asset Wakaf tersebut diikuti para Kepala Kantor […]