Kolam Ikan Pokdakan Harapan Manggih Gantiang Diproyeksikan Jadi Objek Wisata Baru

BUKITTINGGI, KP – Keinginan Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) ‘Harapan’Kelurahan Manggih Gantiang, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS) memiliki kolam ikanakan segera terwujud. Itu dibuktikan dengan dilaksanakannya penyerahan lapangan pekerjaan pembangunan kolam ikandi Kawasan Sanjai Dalam, Kelurahan Manggih Gantiang, Rabu lalu (15/9). Kolam ikan itu dibangun dengan APBD Bukittinggi tahun 2021 melalui Pokok pikiran (Pokir) Anggota DPRD Bukittinggi, Shabirin Rahmat dari Fraksi Partai Gerindra.
Acara tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, H. Ismail dan jajarannya, Lurah Manggih Gantiang , Pengurus Pokdatan Harapan, Pelaksana dan Pengawas pekerjaan serta dari Dinas PU-PR.
Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Bukittinggi, H. Ismail didampingi Kabid Peternakan, Perikanan dan Kesehatan Hewan Abdul Halim mengatakan, total dana pokir Rp250 juta meliputi Rp200 juta untuk fisik dan Rp50 juta untuk pendukung.
“Nantinya kolam ikan ini bisa dimanfaatkan untuk pembibitan ikan. Lokasi ini juga dapat menjadi agrowisata atau wisata perikanan. Di sini orang bisa belanja ikan, bakar ikan dan sebagainya. Kolam ikan ini nantinya dapat menambah khazanah objek wisata,” ujarnya.
Ke depannya kata dia, kolam ikan itu akan menjadi lokasi representatif. Dalam waktu dekat bisa dilaksanakan peletakan batu pertama yang rencananya diletakkan Walikota Bukittinggi.
“Kita melihat pembangunan kolam ikan sangat potensial. Baik itu tempat, udara dan sebagainya. Apalagi kondisi alam dengan nuansa pedesaan. Nanti para tamu dapat diarahkan ke kolam ikan ini, termasuk untuk berwisata. Semoga kolam ikan ini dapat bermanfaat , khususnya bagi Pokdakan sendiri,” ungkapnya.
Abdul Halim menambahkan disamping pembangunan kolam ikan untuk Pokdakan Harapan, juga ada dana Rp 100 juta untuk kelompok peternakan itik Satelit di Kelurahan Manggih Gantiang.
Sedangkan Lurah Manggih Gantiang, Aidil Taufick berharap bantuan itu dapat bermanfaat bagi Pokdakan dan warga pada umumnya. Kolam ikan itu dapat juga menambah income atau membantu ekonomi masyarakat.
Sementara Ketua Pokdakan Harapan, Andi menyampaikan terimakasih atas bantuan pembangunan kolam ikan dari Dana Pokir Anggota DPRD Bukittinggi Shabirin Rahmat. Pokdakan Harapan tersebut berdiri sejak tahun 2016 dengan 4 orang anggota.
“Sebelum covid-19, ada keinginan bagaimana cara membeli bibit ikan. Karena sawah dalam, bibit ikan pun susah. Lalu dibuat kolam tembok. Induk ikan tetap di tanah dan pembesaran ikan di kolam tembok. Rencananya kolam ikan akan dijadikan objek wisata,” pungkasnya. (oki)

Next Post

Wabup Rizki Kurniawan Janjikan Kesejahteraan Tenaga Honorer

Kam Sep 16 , 2021
LIMAPULUH KOTA, KP – Wakil Bupati Limapuluh Kota, Rizki Kurniawan Nakasri meninjau langsung pelaksanaan ujian Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di SMA Negeri 1 Harau, Kamis (16/9). Dalam kunjungannya, Wabup Rizki meninjau penerapan protokol kesehatan (prokes) dalam pelaksanaan ujian. Didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Limapuluh Kota Indrawati […]