Prabumulih Pelajari Upaya Pengembangan UMKM di Kota Padang

PADANG, KP – Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Padang Andi Amir mengatakan Pemko Padang berupaya mengelola pariwisata dengan baiksehingga mampu menjadi salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar.
Hal tersebut disampaikannya saat menerima kunjungan rombongan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Prabumulih Provinsi Sumatera Selatan, Rabu (22/9).
“Kita terus berupaya menggali potensi-potensi pariwisata yang ada, termasuk potensi di setiap kelurahan dengan menjadikannya Kampung Tematik serta memiliki ikon pariwisata yang mampu menjadi magnet pariwisata di daerah tersebut,” ujarnya.
Selain itu, lanjut Andi Amir, Dinas Pariwisata melalui bidang ekonomi kreatif juga terus berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat dengan pengembangan UMKMsebagai salah satu penunjang daya tarik wisata.
Sementara, Kepala BKPSDM Kota PrabumulihBeny Rizal menyatakankunjungan ke Kota Padang itu bertujuan untuk studi lapangan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan VI Kota Prabumulih.
Ia melihat sektor ekonomi kreatif di Kota Padang berkembang dengan banyaknya UMKM yang bermunculan. Untuk itu, melalui kunjungan ini pihaknya berharap para peserta pelatihan dan kepemimpinan dapat menyerap upaya yang dilakukan Dispar Padang untuk diterapkan di Prabumulih.
Dijelaskannya, saat inisektor ekonomi kreatif di Prabumulih perlu lebih dikembangkan, baik sektor kuliner maupun kerajinan.Untuk sektor kuliner diyakininya tidak akan terlalu sulitmengingat 15 persen warga Prabumulih berasal dari Kota Padang.
Ia menambahkan Prabumulih juga memiliki produk hasil pertanian yang menjadi ikon kota tersebut yakni Nanas.
“Saat inikita mengembangkan nanas dalam berbagai sajian kuliner, mulai dari selai, aneka bolu hingga bahan baku tekstil dari limbah nanas,” imbuhnya.
Turut hadir pada kegiatan itu Kepala Bidang Mutasi BKPSDM Kota Padang Pagara Anas mewakili Kepala BKPSDM Kota Padang Arfian. (ip)

Next Post

Pengurus PDPM Kota Padang 2018-2022 Dilantik

Kam Sep 23 , 2021
PADANG, KP – Pengurus Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kota Padang masa bakti 2018-2022 dilantik oleh Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Padang Maigus Nasir di Palanta Kediaman Resmi Walikota Padang, Kamis (23/9). Tampuk pimpinan PDPM Kota Padang dipegang Sintaro Abe dengan Sekretaris Imam T. Qurani dan BendaharaYogi Kurniadi.Pelantikan 29 […]