Solsel Dapat Bantuan 1.000 Sapi dari Kementan RI

PADANG ARO, KP – Kementerian Pertanian RI (Kementan) mengucurkan bantuan 1.000 sapi untuk Solok Selatan. Bantuan itu diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat dan bukan hanya anggota kelompok saja.

“Kelompok penerima bantuan bisa memberdayakan masyarakat dalam penyediaan pakan atau pengolahan kotoran sehingga berimbas pada naiknya perekonomian sekitar,” kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Solok Selatan Arius Mora, Senin (27/9).

Ia menjelaskan setiap kelompok penerima bantuan disyaratkan memiliki lahan hijauan pakan ternak 20 hektare dan itu tidak harus lahan kosong tetapi bisa di area kebun. Saat ini proses bantuan 1000 sapi melalui program korporasi desa sapi itu sudah memasuki tahap pembuatan kandang oleh masyarakat secara swadaya.

“Tahun ini program itu diberikan pada lima kelompok, yaitu Saiyo Nagari Lubuk Barat Daya, Satujuan di Jujutan Nagari Lubuk Gadang, Karya Muda Tani Lubuk Selatan, Harapan Basamo Lubuk Gadang Timur, dan Sungai Pauh Sepakat Lubuk Gadang Utara.Semuanya berada di Kecamatan Sangir.Masing-masing kelompok diberi bantuan 200 sapu terdiri dari 100 sapi jantan jenis lokal unggul dan 100 sapi betina jenis BX,” beber Arius.

Menurutnya, bantuan itu bukan hanya sapi saja tetapi juga ada pembuatan kandang, rumah pengolahan kompos, alat pencacah pakan, hingga pakan konsetrat.Berdasarkan hasil koordinasi dengan provinsi, lanjutnya, bantuan sapi itu kemungkinan akan datang pada November-Desember. Untuk itu masing-masing kelompok diminta mempercepat penyelesaian kandang.

“Yang datang kemungkinan sapi jantan dulu dan target perawatan 4-6 bulan sudah bisa dijual. Kelompok boleh menjual sapi jantan dan modal dibalikkan lagi ke kelompok.Kelompok lain juga diperbolehkan bergabung ke kelompok yang sudah mendapatkan bantuan sehingga terbentuk korporasi. Nantinya kelompok juga dibantu membentuk kelembagaan kelompok dengan AD/ART serta juga dibantu pengurusan badan hukumnya,” pungkas Arius Mora. (ant)

Next Post

Kemenko Marves Dorong Percepatan Program Perhutanan Sosial di Sumbar

Sen Sep 27 , 2021
PADANG, KP – Kemenko Marves melakukan kunjungan lapangan bersama unsur Pemprov Sumbar dan pemda setempat ke beberapa lokasi perhutanan sosial di Sumbar, Sabtu lalu (25/9). Kegiatan itu dilakukan dalam rangka koordinasi dan monitoring pelaksanaan program perhutanan sosial di Sumbar. Asisten Deputi Planologi Kehutanan dan Tata LingkunganSugeng Harmono mewakili Deputi PLK […]