Webinar ‘Unand Dalam Ingatan dan Harapan’ Meriahkan Dies Natalis ke-65

PADANG, KP- Meriahkan rangkaian Dies Natalis ke-65 dan Lustrum XIII, Universitas Andalas (Unand) mengenang perjalanan panjang dan perjuangannya hingga mampu menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) dengan menggelar Webinar ‘Unand dalam Ingatan dan Harapan’ secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting, Kamis (23/9).

Webinar yang diselenggarakan UPT Kearsipan itu menghadirkan pimpinan Universitas Andalas terdahulu,antara lain Prof. Dr. Ir. H. Fachri Ahmad(Rektor Unand periode 1993 -1997), Prof.Dr.Ir.H. Musliar Kasim(Rektor Unand periode 2005 -2011), Prof.Dr.H. Werry Darta Taifur(Rektor Unand periode 2011 -2015), Prof.Dr.Tafdil Husni(Rektor Unand periode 2015 -2019), Dr. Djaswir Zein (Pembantu Rektor II Unandperiode 1985 -1993), Prof.dr. Kamardi Thalut(Dosen Senior FK Unand), Dr. Ardinis Arbain (Dekan FMIPA Unand periode 2004-2008), dan Drs.H. Syahrial Syarif(Dekan FE Unand periode 2004-2008).

Ketua pelaksana acaraArpentiusmenyebutsebagai warga Unand dan sebagai perguruan tinggi yang terkemuka dan bermartabat, tentunya sejarah dasarUnand harus terus diingat, termasuk dinamika perkembangan Unand tiap periode kepemimpinan, harapan Unand dimasa depan, hingga harapan strategi yang dilakukan Unand setelah PTN BH.

“Selain pengenalan sejarah, webinar ini diharapkan dapat memberikan masukan dari pemimpin sebelumnya untuk padangan dan acuan kita melangkah dimasa depan,” tuturnya.

Ia menjelaskan peserta webinar terdiri dari dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, masyarakat dan keluarga besar Unand. Selain itu juga diikuti arsiparis dari kementerian sampai daerah se-Indonesia, peminat sejarah, dan simpatisan yang ingin tahu napak tilas Unand.

Sementara, Rektor Unand Prof. Dr. Yuliandrimengapresiapi UPTKearsipan Unandbeserta seluruh panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan webinar itu.

“Selama ini orang beranggapan bahwa dokumen yang menumpuk saja yang dianggap arsip. Namun perjalanan sebuah intitusi seperti Unand dari awal berdiri hingga sampai saat ini juga merupakan sebuah arsip yang tentunya perlu untuk dilengkapi,” ulasnya.

Rektor menyebutwebinar ini sangat penting guna menata kembali dokumenlintas sejarah Unand yang tercecer agar bisa dikumpulkan kembali.

“Melalui webinar ini diharapkan dapat menambah khazanah sejarah Unand yang masih perlu dilengkapi dan juga dapat memberikan masukan kepada pimpinan yang menjabat saat ini terkait langkah konkret memajukan Unand serta mewujudkan harapan Unand kedepannya sebagai perguruan tinggi bertaraf internasional,” kata Yuliandri. (mas)

Next Post

100 UMKM di Tanahdatar Ikuti Pelatihan Program DEA

Jum Sep 24 , 2021
BATUSANGKAR, KP – Sebanyak 100 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Tanahdatar mengikuti Pelatihan Program Digital Entrepreneurship Academy (DEA) yang digagas Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan selama dua hari, (23-24/9 di Emersia Hotel Batusangkar.Bupati Tanahdatar, Eka Putra ketika membuka kegiatan tersebut, Kamis (23/9) mengatakan, melalui […]