Bupati Epyardi Asda Serahkan Ekskavator kepada Nagari dan Kecamatan

SOLOK,KP – Bupati SolokH. Epyardi Asdamenyerahkan bantuan ekskavatorsecara simbolis kepada perwakilan walinagari dan camat di Dermaga Singkarak, Kecamatan X Koto Singkarak, Selasa (19/10).

Adapun perwakilan walinagari yang menerima ekskavator itu yakni Walinagari Aia Dingin (Kecamatan Lembah Gumanti), Walinagari Talang (Kecamatan Gunung Talang), Walinagari Singkarak (Kecamatan X Koto Singkarak), dan Walinagari Tanjung Balik (Kecamatan X Koto Diatas).

Bupati Epyardi Asda dalam sambutannya mengatakan ekskavator itu dapat digunakan untuk membuka jalan usaha tani dengan cara gotong-royong.

“Semua biaya yang ditimbulkan termasuk operator dan biaya pemeliharaanya merupakan tanggung jawab pemkab. Walinagari hanya menyediakan minyak saja. Mudah-mudahan ekskavator ini bermanfaat dan bisa membangkitkan perekonomian masyarakat Kabupaten Solok ke depannya,” kata Epyardi Asda.

Bupati menjelaskan setiap nagari dapat menggunakan ekskavator secara bergiliran. Berapa lama pemakaiannya tergantung seberapa luas wilayah nagari tersebut.

“Setelah ekskavator mulai bekerja, semua jalan yang sudah dibuat akan dicor. Setelah itu walinagari harus mendata masyarakat yang mempunyai lahan dan pemilik lahan diminta menggali lubang. Selanjutnya pemkab akan berikan bibit gratis sesuai apa yang cocok ditanam di nagari tersebut. Tak hanya itu, pemkab juga akan mengupayakan listrik masuk ke ladang- ladang itu,” papar Epyardi Asda.

Dijelaskan bupati, saat ini bibit yang sudah disediakan adalah durian, alpokat, pepaya, manggis, pisang, dan lainya.

“Semuanya grastis untuk masyarakat yang mau bertani,” tukas Epyardi Asda.

Di sisi lain, bupati mengungkapkan untuk menjual atau memasarkan beras dan hasil pertanian lainya, Pemkab Solok sudah melakukan kerjasama dengan Pemprov DKI jakarta dan Kota Pekanbaru. Kemudian juga sudah menjajaki kerjasama sama dengan Pemko Dumai serta akan mengundang mereka saat panen raya nanti.

Turut hadir pada acara tersebut Kapolres Solok KotaAKBP Ferry Suwandi,Kapolres Solok Arosuka AKBP Apri Wibowo, Dandim 0309/Solok Letkol ARM Reno Triambodo, Ketua TP PKK Emiko Epyardi Asda, Pj Sekda Medison, para kepala OPD, camat dan walinagari se-Kabupaten Solok, serta stakeholder lainnya. (adv/wan)

Next Post

‘BONGKAR’KAPAL TERDAMPAR, Tiga Warga Koto Tangah Diciduk Polisi

Rab Okt 20 , 2021
PADANG, KP – Tiga pria harus berurusan dengan polisi setelah […]