Desa Taluak Larang Pengantin Joget di Atas Pentas

PARIAMAN, KP – Niniak mamak dan Pemerintahan Desa Taluak, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman sepakatkedua mempelai dalam pesta pernikahan dilarang berjoget di atas pentas. Sebab, hal itu sumbang dipandang mata dan dianggap ‘mencederai’ adat Minangkabau

Kepala Desa TaluakIsmet Zuhri mengatakankesepakatan terkait larangan tersebut telah dibuat oleh niniak mamak, tokoh masyarakat dan pemuda serta pihak pemerintahan desa. Menurutnya kesepakatan itu merupakan hasil pertemuan yang diadakan Senin lalu (11/10) di kantor desa.

“Sebenarnya kesepakatan ini mencuat dari keresahan warga dan niniak mamak yang melihat ada kejanggalan jika mempelai berjoget di atas pentas. Secara adat itu tidak pada tempatnya. Sumbang dilihat mata,” sebut Ismet Zuhri dikutip dari klikpositif.com, Rabu (20/10).

Apalagi, lanjutnya, di nagari yang beradatetika mesti dijaga. Dianggap tabu jika urang sumando meliukkan tubuh (joget) di depan mertua atau niniak mamak.

“Jadi, ketika ada pesta pernikahan di desa kami, beberapa hari sebelum pesta dihelat maka kami akan memberitahu kepada yang punya hajatan agar tidak melanggar kesepakatan ini,”ujarnya.

Kendatidemikian, ia mengatakanpihaknya tidak punya sanksi jika ada pelanggaran atas kesepakatan yang dibentuk.

“Karena itu adalah kesepakatan, bukan menjadi peraturan desa. Hal ini bertujuan untuk menggugah ‘raso jo pareso’ warga kami agar menjadikan rasa malu sebagai tolok ukur sikap dalam kehidupan sosial,” ulas Kades Ismet Zuhri. (kpc)

Next Post

Tim Klewang Bekuk Pencuri Paket Kurir Online Shop

Rab Okt 20 , 2021
PADANG, KP – Nasib malang menimpa seorang kurir paket online […]