Dilantik Menag, H. Helmi Resmi Jabat Kakanwil Kemenag Sumbar

PADANG, KP – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas resmi melantik Dr. H. Helmi sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Sumbar.Pelantikan dilakukan di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin Jakarta, Rabu (13/10).

Selain Helmi, Menag juga melantik empat pejabat tinggi pratama atau pejabat eselon II dan pimpinan PTKN lainnya di lingkungan Kementerian Agama.YaituMujiburahman sebagai Rektor UIN Antasari Banjarmasin periode 2021-2025,Zulkarnain Sulaiman sebagai Rektor IAIN Gorontalo periode 2021-2025, Ahmad Bahiej sebagai Kepala Biro Hukum dan Kerjasama Luar Negeri Setjen Kemenag, dan Zoztafia sebagai Kakanwil Kemenag Jambi.

Menag Yaqut mengatakanpejabat yang dilantik merupakan wajah Kementerian Agama yang mewadahi urusan seluruh umat beragamadalam relasi negara dan agama di negara Pancasila. Ia menegaskan Kementerian Agama tidak boleh absen dalam memberikan bimbingan, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada umat beragama sesuai amanat konstitusi.

“Saya menaruh harapan besar kepada saudara-saudara. Yaituagar selalu menjaga marwah dan kehormatan Kementerian Agama. serta menjaga integritas dalam melayani umat,” kata Menag.

Menurutnya, tugas Kementerian Agama dulu, sekarang, dan masa datang adalah tugas mulia. Sebagaimana kemuliaan sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa dalam rumusan dasar falsafah negara yaitu Pancasila.

”Jabatan bukan hadiah dan bukan sesuatu yang patut dibanggakan. Namunamanah dari Tuhan dan negara.Oleh karena itugunakanlah jabatan yang hari ini diamanahkan kepada saudara-saudara sebagai sarana pengabdian untuk keluhuran agama, negara dan bangsa,” pungkas Menag Yaqut.

BERAWAL DARI ASN DI SIPORA

Dr. H. Helmi lahir di Padang, 1 Maret 1970. Ia awalnya adalah seorang ASN di KUA Kecamatan Sipora yang ketika itu masih masuk dalam wilayah Kabupaten Padangpariaman. Setelah mengabdi di berbagai jabatan di lingkungan kemenag, pada tahun 2016ia diangkat menjadi Plt. Kepala Kantor Kemenag Kota Pariaman.Kemudiania menjabat sebagai Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Padangpariaman pada 2017-2021.Selanjutnya ia menjabat sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok sejak 4 Agustus 2021 hingga akhirnya ia dilantik sebagai Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar pada Rabu (13/10).

Helmi merupakan alumni Pondok Pesantren Al-Muhajirin. Setelah tamat ia mengambil Jurusan Penerangan dan Penyiaran Agama Islam Fakultas Dakwah IAIN Imam Bonjol pada 1993. Kemudian melanjutkan S1 Akta IV di Fakultas Tarbiyah IAIN Imam Bonjol dan tamat pada tahun 2000. Ia juga menempuh pendidikan S2 di Jurusan Dirasah Islamiyah Program Studi Pemikiran Islam IAIN Imam Bonjol dan. Tak terhalang usia, Helmi melanjutkan pendidikan S3 di jurusan Pendidikan Islam UIN Imam Bonjol Padang dan tamat pada 2018 serta resmi menyandang gelar Doktor. (mas)

Next Post

Dalam Sehari, Padangpanjang Raih Dua Penghargaan

Rab Okt 13 , 2021
PADANGPANJANG, KP – Dalam sehari Kota Padangpanjang meraih dua prestasi membanggakan, Rabu (13/10). Penghargaan pertamaditerima langsung WalikotaH. Fadly AmranBBA Datuak Paduko Malano di Kota Padang dan penghargaan kedua diterima pemko secara virtual di balaikota. Di Hall Hotel Mercure Padang, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)Prof. […]