Ikaboga Diminta Dorong Pertumbuhan Pengusaha Kuliner yang Berdaya Saing

PADANG, KP – Ikatan Ahli Boga (Ikaboga) Sumbar diharapkan bisa mendorong perekonomian daerah di masa pandemi dengan menumbuhkan pengusaha sektor kuliner yang berdaya saing.

“Di masa pandemisektor kuliner menjadi salah satu usaha yang terus tumbuh. Bahkan di platform digital pertumbuhannya cukup signifikan sehingga bisa diharapkan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah,” kata Wakil Gubernur SumbarAudy Joinaldy, saat menghadiri pelantikan dan pengukuhkan Pengurus DPD IkabogaSumbar periode 2021-2026, Selasa (12/10).

Ia mengatakan dalam sejarahnya Ikaboga terbentuk pada 3 Desember 1987 dan hingga saat ini telah terbentuk pengurus di seluruh provinsi dengan anggota puluhan ribu orang.Dengan potensi tersebut Ikaboga diyakini bisa berperan dalam banyak hal untuk mendukung program pemerintah di Sumbar, seperti pengentasan stunting dan menumbuhkan enterpreneur baru sektor kuliner.

“Ahli boga juga dituntut memiliki kemampuan ilmu pangan, nutrisi, dan diet sehingga diharapkan ikut membantu pengentasan stunting yang biasanya berkaitan dengan gizi buruk,” kata wagub.

Di Sumbar, jelasnya, sumber daya manusia di bidang tata boga akan tetap tumbuh karena cukup banyak SMK yang memiliki jurusan boga yang meluluskan siswa setiap tahun. Para lulusan itu tentu bisa dilatih menjadi ahli boga atau enterpreneur sektor kuliner.

Wagub berharap kepengurusan baru yang dipimpin Silfeni bisa bersinergi dan berkolaborasi dengan semua pihak sehingga bisa membantu menggerakkan ekonomi Sumbar di bidang kuliner.

Sementara, mantan Ketua Ikaboga Sumbar periode 2016-2020, Hj. Martinike mengatakan tujuan lembaga itu adalah untuk mengamalkan dan menyebarluaskan pengetahuan dan keahlian tata boga pada masyarakat dan mengangkat citra keanekaragaman kuliner seluruh nusantara hingga dikenal nasional dan internaional.

Ia berharap pemgurus baru bisa membawa lembaga lebih baik lagi hingga kuliner Sumbar bisa makin dikenal.Sebagai senior ia juga bersedia untuk berbagi ilmu dan pengalaman demi kemajuan lembaga.

Ikut hadir dalam kegiatan itu Ketua DPP Ikoboga Indonesia Dr. Ayat Taufik Arevinsecara virtual dan sejumlah pejabat OPD Pemprov Sumbar serta Kota Padang. (ant)

Next Post

Payakumbuh Kembali ke Zona Hijau

Rab Okt 13 , 2021
PAYAKUMBUH, KP – Dinas Kesehatan Kota Payakumbuhmenyatakan kota itu sudah kembali ke zona hijau setelah tidak ada lagi masyarakat yang dinyatakan positif covid-19. “Alhamdulillah, sejak Selasa (12/10) tidak ada lagi warga Kota Payakumbuh yang dinyatakan terpapar covid-19sehingga kita kembali ke zona hijau,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal, Rabu […]