MAKSIMALKAN GEBYAR ‘SUMBAR SADAR VAKSIN’, Kapolres Solsel Sebut Akan Maksimalkan Pemusatan Vaksin di Sekolah

PADANGARO, KP – Pada Sabtu (30/10) mendatang, pemerintah Provinsi Sumatra Barat akan melakukan giat vaksinasi secara serentak bertajuk ‘Sumbar Sadar Vaksin’. Kegiatan itu menargetkan pemberian vaksin kepada 100ribu orang di seluruh Kabupaten/Kota di Sumbar.

Dalam rangka mempersiapkan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan berkoordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) demi mencapai target vaksinasi nasional seperti yang diinstruksikan pemerintah pusat.

Kapolres Solok Selatan, AKBP Tedy Purnanto mengungkapkan keprihatinannya terhadap capaian vaksin di Sumbar yang saat ini masih di nomor 3 terendah setelah Papua dan Aceh. Karena itu Forkopimda Provinsi Sumatra Barat menginisiasi ‘Sumbar Sadar Vaksin’. Terkait dengan hal tersebut AKBP Tedy Purnanto mengatakan akan maksimal jika pemusatan vaksinasi di sekolah mewajibkan siswa dan orangtuanya untuk divaksin. 

“Jika di Solok Selatan rutin mencapai setengah persen vaksinasi setiap hari, maka akhir tahun ini bisa mencapai 70%” jelas Kapolres.

Artinya, dalam sehari harus diberikan vaksin kepada 700 orang. Sedangkan menurut Kapolres Tedy, 2021 tinggal 66 hari.

“Kalau untuk mencapai target 100 persen maka setiap hari kita harus vaksinasi minimal 3000 orang,” ulasnya.

Karena itu ia juga menyarankan adanya hadiah tertentu yang dapat menarik minat masyarakat untuk vaksin. Terkait hal tersebut, Kajari M Bardan juga berpesan, keberlanjutan vaksinasi harus difokuskan di tingkat kecamatan seperti yang dianjurkan Kapolda Sumbar. 

“Jadwalkan kegiatan vaksinasi per dua hari, mobile terus, untuk bisa 1 hari 3000 orang target, ini tanggung jawab kita semua, mulai dari camat, wali, hingga jorong,” kata Kajari.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan per 10 Oktober 2021, dari total 4.408.509 sasaran vaksinasi di Sumatra Barat, baru 1.114.877 orang atau 25.29 persen yang disuntik vaksin dosis pertama dan 568.327 orang atau 12.89 persen yang sudah mendapatkan dosis lengkap. (nia)

Next Post

Padang panjang Bertekad Jadi Kota Informatif

Sel Okt 26 , 2021
PADANG, KP – Kota Padangpanjang bertekad menjadi Kota Informatif dalam […]