Meriahkan HUT TNI ke-76, Kodim 0306/50 Kota Gelar Serangkaian Kegiatan Keagamaan

Dandim 0306/50 Kota, Letkol Inf Mochammad Denny Nurcahyo bersama Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo dan Walikota Payakumbuh, Riza Falepi foto bersama usai membuka lomba kegiatan keagamaan yang digelar Kodim 0306-50 Kota dalam rangka memeriahkan HUT TNI ke-76.

LIMAPULUH KOTA, KP – Dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-76, jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0306/50 Kota di bawah pimpinan Komandan Kodim (Dandim) Letkol Inf Mochammad Denny Nurcahyo menggelar serangkaian kegiatan keagamaan.

Tak tanggung-tanggung, untuk suksesnya giat keagamaan Lomba Tahfidz dan Dai Cilik untuk pelajar SD dan SLTP se-Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh serta Lomba Adzan dan Imam khusus bagi para babinsa di lingkungan Kodim 0306/50 Kota itu, kodim merangkul Pondok Pesantren Insan Cendikia Boarding School (ICBS) sebagai tempat penyelenggaran lomba.

Secara resmi kegiatan Lomba Tahfidz, Dai Cilik, dan Lomba Adzan, serta Imam tersebut digelar di kampus ICBS di kawasan Lembah Harau, Senin (25/10).

Dandim Letkol Inf Mochammad Denny Nurcahyo dalam keterangan persnya didampingi pimpinan ICBS Harau, Roni Patihan menyatakan momentum peringatan HUT TNI ke-76 ini diharapkan dapat melahirkan generasi yang tidak saja cerdas secara ilmu pengetahuan, namun juga cerdas ilmu agamanya. Sehingga dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan masyarakat Luak Limapuluh secara umum serta juga dapat menangkal berkembangnya paham-paham radikal.

“Dengan kegaiatan ini hendaknya dapat meningkatkan imtaq masyarakat dan menjadi pondasi dalam membangun generasi ke depannya. ICBS dipilih karena merupakan sekolah keagaman terbesar di Luak Limapuluh,” ujar Letkol Inf Mochammad Denny Nurcahyo.

Ia menambahkan dengan adanya kegiatan keagaaman tersebut diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan dan semangat kebangsaan sehingga mereka makin mencintai NKRI.

“melalui kegiatan ini akan timbul kecintaan dan semangat kebangsaan dari peserta atau anak didik sehingga kita tidak mudah dipecah belah,” jelasnya.

Dandim menyebut khusus untuk lomba adzan dan imam bertujuan untuk memotivasi semua Babinsa agar bisa adzan dan menjadi imam sehingganya peranannya semakin dirasakan masyarakat.

Sementara, pimpinan ICBS Harau Roni Patihan berharap dengan adanya kegiatan yang digelar bersama TNI dapat menumbuhkan generasi yang cinta Alquran serta mendukung program pemerintah karena mereka lah yang akan jadi penerus tongkat estafet kepemimpinan di masa yang akan datang.

“Kita tentu bangga dengan digelarnya kegiatan oleh Kodim 0306/50 Kota di sekolah kami. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat terus menumbuhkan generasi yang cinta Alquran,” katanya.

Roni menguraikan, jumlah peserta yang telah mendaftar mengikuti lomba tersebut sebanyak 180 orang berasal dari sekolah-sekolah yang ada di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, serta Babinsadari Koramil di jajaran Kodim 0306/50 Kota. Menurutnya, untuk lomba tahfidz tingkat SD yaitu hafalan satu juz dan tiga juz untuk tingkat SLTP.

Roni menambahkan, selain berhadiah puluhan juta rupiah, peserta terbaik nantinya akan mendapatkan kemudahan untuk sekolah di ICBS.

Kegiatan tersebut juga dihadiri langsung Bupati Limapuluh Kota Safarudin Dt. Bandaro Rajo dan Walikota Payakumbuh Riza Falepi serta sejumlah kepala OPD kedua daerah tersebut.

Bupati Safaruddin usai membuka secara resmi kegiatan tersebut mengaku takjub sekaligus bangga dengan ide dan inovasi yang dilakukan Dandim 0306/50.

“Ini merupakan terobosan baru, inovasi yang luar biasa karena beliau (Dandim – red) yang baru beberapa bulan di Kabupaten Limapuluh Kota tetapi sudah menggagas acara yang sangat luar biasa ini. Sejak beberapa tahun yang lampau baik ketika saya aktif di DPRD maupun di pemerintahan sampai saat ini, ini lah pertama kalinya perayaan HUT TNI diselenggarakan dalam bentuk lomba tahfidz SD-SMP Kabupaten dan Kota”, ucapnya.

Bupati juga sangat mendukung lomba imam dan adzan untuk para Babinsa yang akan ditempatkan di nagari-nagari. Sehingga nantinya Babinsa tidak hanya mengayomi tetapi juga dapat membimbing masyarakat di nagari binaannya.

Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf Muhammad Denny Nurcahyono karena melalui lomba ini ia ikut membantu mewujudkan visi daerah yaitu mewujudkan Limapuluh Kota madani, beradat, dan berbudaya dalam kerangka adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah dengan salah satu misinya meningkatkan kualitas SDM yang berbudaya dan berdaya saing berlandaskan keimanan.

“Berdasarkan visi dan misi ini, dalam tahun-tahun berikutnya di Kabupaten Limapuluh Kota, Insya Allah akan dibangun rumah-rumah tahfiz di nagari-nagari yang diwujudkan dalam program 1 nagari 1 tahfizd,” jelas bupati.

Hal senada juga diungkapkan Walikota Payakumbuh Riza Falepi. Pihaknya mendukung kegiatan yang digelar jajaran Kodim 0306-50 Kota dan mengingatkan agar pelaksanaan kegiatan tetap mematuhi protokol kesehatan. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tim Klewang Ringkus Komplotan Jambret

Sen Okt 25 , 2021
PADANG, KP – Tim Klewang Polresta Padang mengamankan empat orang komplotan […]