Mulusnya Ruas Jalinteng di Lubuk Batu Sijunjung Membuat Akses Lalulintas Makin Lancar

SIJUNJUNG, KP – Ruas Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) Sumateradi Lubuak Batu, Kabupaten Sijunjung tampak padat dan mulus. Itulah bukti karya Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah II dibawah komando Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 2.2 Nova Heriantobeserta jajaran. Mereka pun pantas diberiapresiasi.

Preservasi jalan sepanjang satu kilometer itu dilakukan dengan pengawasan ketat. Sehingga, kondisi jalan tetap berfungsi secara optimal melayani lalulintas sehingga usia jalan sesuai yang ditetapkan dapat tercapai.

Nova Herianto di sela-sela peninjauan lapangan kondisi ruas jalan nasional itu, Rabu lalu (29/9), mengatakan guna menciptakan ruas jalan yang bermutu tinggi pihaknya senantiasa menjaga mutu dan spek.

Terkait teknis pekerjaan,jelasnya, ruas jalan rigit beton berada diatas aspal lama dan jika ada kerusakan dari lapis permukaannya dilakukan penimbunan namun tidak sampai melakukan pemadatan sehingga tidak ada kepadatan yang tak tercapai.

Diterangkannya, yang mengakibatkan keretakan bukan agregat kelas Adan untuk mengganti lapisan pondasi yang rusak itu adalah lapisan drainase dan bukan ada dalamspek.

Menurutnya, kepadatan tidak ada mencapai 90-100 persen agar penyerapan/pengaliran air dibawah beton berlangsung optimal.

“Kalau untuk Lantai Kerja (LC) memang menggunakan mutu rendah karena nantinya diatas lantai kerja itu akan dilapisi FS 45 dengan besi dowel dan tipar,” ujarnya.

Ia mengakui ada keretakan pada 4 titik dan datanya sudah dikantonginya. Setelah dilakukan evaluasi ternyata keretakan terjadi diposisi batas segmen dan di sana memang dilakukan pemotongan (cutting) untuk melokalisir keretakan.

“Jadi kalauterjadi keretakan (jalan), retaknya hanya disitu karena di situ memang tempatnya disediakan, yaitu diposisi batas segmen dan ini akan kita evaluasi,” bebernya.

Menurutnya, sengaja belum dilakukan perbaikan karena jika dipaksakan otomatis arus lalulintas akan disetop. Ia menegaskan, pihaknya akan menyelesaikan sisi kiri terlebih dahulu supaya sisi kiri bisa dilalui dan setelah itu sisi kanan.

Terkait adanya kemiringan kiri dan kanandiruas badan jalan tersebut,dia mengatakantidak ada terjadinya penurunan tanah bawah dasar.

“Sebenarnya badan jalan itu memang sengaja diciptakan miring kekiri dan kekananguna menghindari air tergenang di badan jalan. Jika ada kemingan kiri dan kanan diyakini air akan cepat mengalir kesaluran yang telah disediakan,” ulasnya.

Lebih lanjut disampaikannya, fungsi dari bahu jalan yang dilapisi dengan coran beton FC 15 dengan ketebalan 20 cm itu hanya berfungsi jika ada mobil atau kendaraan lainnya terpaksa turun kebahu jalan dan akan kembali naik kebadan jalan beton yang mutu lebih tinggi dari bahu jalan.

“Dengan mulusnya jalan ini kita berharap pengguna jalan tetap berhati-hatisebab jalan mulus diciptakan untuk kelancaran arus lalulintas bukan untuk ajang balapan.Maka itu mari tertib dalam berlalu lintas,” pungkasnya. (shb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pasca-Terbakar, Pasar Bawah Sudah Mulai Dibangun Lagi

Ming Okt 3 , 2021
BUKITTINGGI, KP – Walikota Bukittinggi H. Erman Safar memiliki perhatian cukup serius terhadap pedagang korban kebakaran Pasar Bawah yang terjadi Sabtu silam (11/9). Pembangunan kembali los yang terbakar sudah dimulai dikerjakan.  Sesuai janji Wako Erman, pemko membangun kembali los yang terbakar setelah dilakukan pembersihan puing-puing kebakaran. Untuk itu, jajaran ASN […]