Padang panjang Bertekad Jadi Kota Informatif

PADANG, KP – Kota Padangpanjang bertekad menjadi Kota Informatif dalam pemeringkatan Badan Publik yang digelar Komisi Informasi (KI) Sumbar dalam waktu dekat ini.

Hal tersebut sebagai bentuk kepatuhan terhadap amanat UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Demikian diutarakan Kabid Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Maryulis Maxsaat melakukan kunjungan dan pertemuan dengan Ketua KI Sumbar, Nofal Wiska, di Kantor KI Sumbar, Kota Padang, baru-baru ini.

“Tahun lalu, Padangpanjang berada pada peringkat 4 keterbukaan informasi dengan status Kota Menuju Informatif. Kita ingin naik peringkat dan menjadi Kota Informatif dengan memenuhi semua parameter penilaian yang dilakukan KI Sumbar,” sebut Max didampingi Kasi Pengelolaan Informasi Publik, Harry Sulistio, Pengelola Teknologi Informasi Diskominfo, Arfisy Perdana, serta staf Pengelola PPID, Fitria Saridan Nada Feldila Putra.

Sementara itu Nofal Wiska menyambut baik tekad menjadi Kota Informatif. Pihaknya mendukung dan sudah melihat langkah-langkah serius yang dilakukan Padangpanjang melalui Diskominfo dalam memberikan pelayanan keterbukaan informasi publik.

“Kita sudah melakukan monitoring dan evaluasi melalui e-Monev kepada 394 badan publik, yang terdiri dari OPD, instansi vertikal, pemerintah kabupaten/kota, nagari, perguruan tinggi, sekolah, dan lainnya, termasuk Kota Padang Panjang. Hasilnya, nanti kita akan lakukan pemeringkatan,” ujar Nofal yang didampingi Asisten Ahli KI Sumbar, Tiwi Utami.

Dari pemeringkatan yang dilakukan, tambahnya lagi, akan diserahkan penghargaan atau Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP), kepada masing-masing kategori sesuai predikat yang diraih. (sup/kom)

Next Post

Pasca-Longsor, Akses Jalan Sungai Pisang Sudah Bisa Dilalui

Sel Okt 26 , 2021
PADANG, KP – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang […]