Pemko Bukittinggi Raih Penghargaan ProKlim Utama Tingkat Nasional 2021

BUKITTINGGI, KP – Pemerintah Kota Bukittinggi kembali meraih penghargaan tingkat nasional tahun 2021. Kali ini Bukittinggi meraih penghargaan ProKlim Utama, yang disampaikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI secara virtual, diikuti Wakil Walikota H. Marfendi, Sekda Martias Wanto, Kepala Dinas Lngkungan Hidup (LH) Bukittinggi Syafnir, di Bukittinggi Comment Centre (BCC), Selasa (19/10).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Syafnir menjelaskan, tahun 2021 Bukittinggi meraih tiga penghargaan ProKlim Utama dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Penghargaan yang diterima Kota Bukittinggi meliputi Trophy ProKlim ‘UTAMA’ kepada RW 05 Kelurahan Campago Guguak Bulek Kecamatan Mandiangin Koto Salayan. Sertifikat ProKlim ‘UTAMA’ kepada RW 01 Kelurahan Kubu Tanjung, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh dan Piagam Apresiasi Pembinaan ProKlim Tingkat Kota/Kabupaten kepada Pemerintah Kota Bukittinggi. 

“Ketiga penghargaan itu diberikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya Bakar, pada puncak Festival Iklim Tahun 2021. Festival Iklim Tahun 2021 ini mengambil tema ‘Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca dan Peningkatan Ketahanan Iklim  untuk Indonesia Tangguh-Indonesia Tumbuh’. Kegiatan ini bertujuan menggugah kesadaran serta memperkuat komitmen setiap pihak terhadap upaya pengendalian perubahan iklim,” jelas Syafnir.

Program Kampung Iklim (Proklim) lanjutnya, merupakan  program berlingkup nasional yang dikelola Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain dalam rangka adaptasi dan mitigasi terhadap dampak perubahan iklim. Untuk Kota Bukittinggi, Program Kampung Iklim telah dikembangkan dan dilaksanakan pada wilayah administratif setingkat RW. 

“Beberapa kegiatan yang telah dilakukan dalam mendukung Program Kampung Iklim di Kota Bukittinggi antara lain pemanfaatan lahan pekarangan, penampungan air hujan, pengelolaan sampah, perlindungan mata air, pertanian rendah emisi GRK (Gas Rumah Kaca),” jelasnya.

Sementara itu Wakil Walikota Bukittinggi, H. Marfendi didampingi Sekda Martias Wanto mengungkapkan rasa syukur atas penghargaan yang diterima Bukittinggi. Apresiasi yang tinggi juga diberikan pada Dinas Lingkungan Hidup atas Piagam Apresiasi Pembinaan PROKLIM Tingkat Kota/Kabupaten. Dasa Wisma Dahlia I Talao RW 05 Kelurahan Campago Guguk Bulek Kecamatan Mandiangin Koto Selayan mendapatkan Trophy ProKlim Utama, Kelompok Tani Usaha Bersama RW O1 Kelurahan Kubu Tanjung Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh mendapatkan Sertifikat ProKlim Utama.

“Walikota menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua SKPD terkait, kelompok penggerak Program Kampung Iklim dan seluruh masyarakat yang sudah melakukan upaya pengendalian dan pencegahan terjadinya perubahan iklim. Semoga prestasi ini dapat menginspirasi kelurahan-kelurahan lainnya untuk berperan serta dalam program ini di masa akan datang,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu Wawako berpesan, perubahan iklim yang tengah terjadi sekarang diakibatkan aktifitas manusia dalam waktu sangat panjang. “Untuk itu mulailah penanaman pohon, pengelolaan sampah, menghindari pencemaran udara, membuat biopori (resapan air) serta hal lainnya berkaitan dengan lingkungan. Semua aktifitas kita sehari-hari sangat erat kaitannya dengan perubahan iklim. Mulailah berbenah, hadirkan kondisi bumi yang indah untuk anak cucu kita nanti,” pungkasnya. (oki)

Next Post

Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Launching Pos Gizi Koto Baru Sehat

Rab Okt 20 , 2021
SOLOK, KP – Ketua TP-PKK Kabupaten Solok, Ny. Emiko Epyardi […]