Tak Kapok-kapok, Dua Kaki Residivis Curanmor Diterjang Timah Panas

PAYAKUMBUH,KP- Seorang residivis pencurian kendaraan bermotor (curanmor) berinisial IT (23 tahun) yang baru sebulan bebas dari penjara harus kembali dijebloskan ke bui setelah ia nekad kembali melakukan pencurian sepeda motor.

Kapolres PayakumbuhAKBPAlex Prawira melalui Kasat ReskrimAKPAkno Pilindo didampingi KBOSatreskrim Iptu Eridal, Rabu (13/10), mengatakan penangkapan IT berawal dari laporan seorang warga yang kehilangan sepeda motor. Berdasarkan laporan itu polisi melakukan penyelidikan dan tersangka pelaku mengarah kepada residivis tersebut.

“Tersangka IT yang beralamat di Jorong Kapuak Koto Panjang Ponco, Kabupaten Tanahdatar berhasil dibekuk tim opsnal Satreskrim Polres Payakumbuh saat bersembunyi di rumah temannya di Kelurahan Pangkalan, Kecamatan Dumai Barat, Kota Dumai, Provinsi Riau,” ungkap AKPAkno Pilindo.

Ia menyebut pencurian sepeda motor itu dilakukan tersangka di Jorong Sawah LawehKenagarian Situjuah Tungka, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kabupaten Limapuluh Kota pada awal Oktober ini.

“Sebelumnya tersangka menjalani hukuman sekitar tiga tahun penjara karena melakukan tindak pidana pencurian untuk lima kendaraan bermotor dan ia bebas sekitar sebulan lalu,”imbuhnya.

Dalam penangkapan itu pihak kepolisian mengamankan barang bukti satu unit sepeda motor hasil curian dan sebilah arit atau sabit yang digunakan untuk memutus kabel kontak agar sepeda motor curian bisa dihidupkan dan dibawa kabur.

AKP Aknopilindo mengatakan tersangka terpaksa dilumpuhkan kedua kakinya karena mencoba melawan petugas dan melarikan diri saat akan ditangkap.

“Saat initersangka dan barang bukti (diamankan di Mapolres Payakumbuh Kawasan Labuah Silang untuk pemeriksaan lebih lanjut,” ungkapnya sembari menyebut tersangka dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman paling lama tujuh tahun penjara.

Sementara, tersangka IT mengakumelakukan aksi pencurian karena terdesak permasalahan ekonomi. Menurutnya, dalam menjalankan aksinya dia menggunakan arit untuk memutuskabel kontak sepeda motordan dihidupkan kembali dengan cara menggabungkan kembali kabel-kabel tersebut.

“Kabel motor saya putus dengan arit, lalu saya gabungkan kembali untuk dihidupkan. Karena setang motor tidak dikunci, dengan mudah saya bawa,”ucap tersangka. (dst)

Next Post

LAHAN PERTANIAN KOTA MENYUSUT, Ibnu Asis Dorong Bentuk Usaha Pertanian Perkotaan

Kam Okt 14 , 2021
BUKITTINGGI, KP – Laju pertumbuhan penduduk yang relatif tinggi atau setara 1,7 persen per tahun. Kemudian mobilitas penduduk dari dan menuju Kota Bukittinggi sangat dinamis serta perkembangan kebutuhan infrastruktur dan sarana utilitas Kota yang relatif cepat. Menjadi alasan mendasar dan logis bagi peningkatan kebutuhan dan penyediaan tempat hunian dan fasilitas umum lainnya bagi […]