‘Benang Kusut’ dari Payakumbuh

KASUS dugaan korupsi incinerator RSUD Adnan WD Payakumbuh muncul lagi. Ternyata kasusnya masih dalam penyidikan. Bahkan,kasus itu kini diambil-alih Kejati Sumbar. Begitu diberitakan KORAN PADANG terbitan Sabtu (20/11) di halaman 6. Dalam berita tersebut muncul pula info terbaruberupa hibahatau pemberian tanah dari Pemko Payakumbuh kepada Kejari setempat yang belakangan menuai kontroversi di kalangan masyarakat.

Khusus dugaan korupsi incinerator sebenarnya sudah agak lama juga kasusnya. Kini kasus itu hangat lagi setelah penyidikannya diambil alih Kejati Sumbar. Kenapa sampai diambil-alih? Apakah ada persoalan yang begitu rumit?

Semoga saja dengan tampilnya jajaran Kejati mengusut kasus dugaan korupsi incinerator itu semuanya jadi terang benderang. Apakah benar terjadi korupsi atau tidak dalam pengadaan alat pemusnah limbah medis itu. Kita harapkan pihak kejati segera memberi penjelasan kalau kasusnya sudah ditangani.

Di sisi lain, yang agak ‘menggelikan’ berupa hibah tanah dari Pemko pada Kejari Payakumbuh. Masyarakat hukum di Payakumbuh tampaknya begitu serius mempertanyakan persoalan tersebut. Apalagi disertai berbagai dugaan sarat kepentingan. Yang membuatnya semakin menarik, diatas tanah yang dihibahkan itu sudah ada bangunan bekas kantor dinas pertanian.

Problema ibarat ‘benang kusut’ yang terjadi di Payakumbuh ini sepertinya terus didalami oleh para pendekar hukum ‘kota randang’ ini. Karena suasananya sudah begitu ‘terang benderang’, tak perlu ada yang ditutup-tutupi.

Kita tahu, tanah negara yang dihibahkan harus melalui sejumlah prosedur. Bagaimana dengan restu DPRD? Sistem apa yang dipakai? Peranan ahli hukum dan pakar agama (Islam) jelas saling berkulindanmembahas hibah dalam persoalan ini.

Sangat menarik ditunggu kelanjutan dua kasus yang kini jadi pembicaraan hangat di tengah-tengah masyarakat Payakumbuh ini. Apalagi penanganan kasus incinerator sudah diambil-alih Kejati. Kita tunggu saja perkembangannya. Lebih cepat tentu lebih baik. *

 

 

 

Next Post

KEKERASAN SEKSUAL KEMBALI TERJADI DI PADANG, Dua ‘Predator Anak’ DItangkap Polisi - Korban Diperkirakan Belasan Orang

Ming Nov 21 , 2021
PADANG, KP – Kasus kekerasan seksual pada anak kembali terjadi […]