Pariaman Jadi Percontohan Pembinaan Keluarga Lansia

PARIAMAN, KP – Terkait Peraturan Presiden yang baru Nomor 88 Tahun 2021 Tentang Strategi Nasional Kelanjut-usiaan, Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan mengutus dr. Nidya Savitri yang merupakan Kasi Akses Kesehatan Lanjut Usia Direktorat Kesehatan Keluarga datang ke Kota Pariaman, guna meninjau bentuk perhatian Pemko Pariaman terhadap kaum lanjut usia (lansia) di kota itu.

 

Kedatangan Nindya disambut Asisten II Setdako Pariaman Elvis Chandra, Kepala Dinas P3AKB Gusniyetti Zaunit, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial Kota Pariaman di ruang kerja Sekretaris Daerah Kota Pariaman, Kamis (25/11).

“Kami mendengar Pemerintah Kota Pariaman sangat perhatian sekali terhadap lansia di Kota Pariaman, terbukti dengan adanya yandu lansia dan pelatihan yang diberikan kepada mereka, serta inovasi pengecekan kesehatan yang dilakukan di masjid-masjid setiap hari Jumat. Sehingga kesehatan lansia terpantau dengan baik,” sebut Nindya saat diwawancarai tim peliput MCP.

Selain perhatian terhadap lansia, Pemerintah Kota Pariaman juga memberikan perhatian kepada para kader lansia dan kader lainnya dalam bentuk pemberian insentif dengan menggunakan dana desa dan juga bantuan dari pemerintah kota untuk memicu semangat mereka dalam bekerja.

“Kami sangat mengapresiasi sekali kegiatan yang telah dilakukan untuk para lansia di Kota Pariaman. Hal ini bisa kami jadikan percontohan kepada daerah lainnya di Indonesia, agar kesejahteraan lansia bisa lebih diperhatikan, sehingga lansia bisa sehat, mandiri, aktif, produktif dan berdayaguna bagi keluarga dan masyarakat,” ungkapnya.

Nindya menjelaskan, Kota Pariaman sudah bisa melakukan koordinasi lintas sektor antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan seluruh pemangku kepentingan, sehingga terwujudlah lansia mandiri, sejahtera dan bermartabat di Kota Pariaman.

Sementara itu Elvis Chandra mengatakan, di Kota Pariaman Bina Keluarga Lansia (BKL) sudah terprogram dan dijalankan sejak lama. Kegiatan BKL itu meliputi penyuluhan, kunjungan rumah dan pencatatan serta pelaporan. Dengan tujuan meningkatkan pengetahuan serta keluarga yang memiliki anggota keluarga lansia atau lansia itu sendiri.

Di akhir perbincangan Elvis Chandra mengucapkan terimakasih kepada Nindya beserta rombongan yang telah datang ke Kota Pariaman. Dengan kunjungan tersebut pihaknya dan instansi terkait bisa menambah pemahaman betapa pentingnya mendampingi dan merawat lansia. Krena baginya keluarga salah satu pilar pemberdayaan lansia. (mas)

 

Next Post

LPM Nagari Padang Ganting Diresmikan

Kam Nov 25 , 2021
BATUSANGKAR, KP – Di tengah keterbatasan dana APBD, pembangunan fisik […]