Pasar Bawah Terbakar Lagi Diduga Sengaja Dibakar, Polisi Amankan Seorang Pria dengan Barang Bukti BBM

BUKITTINGGI, KP – Untuk kedua kalinya dalam bulan ini, Pasar Bawah Kota Bukittinggi kembali terbakar, Rabu dinihari (24/11) sekitar pukul 00.45 WIB. Namun, kebakaran yang melanda puluhan lapak dan kios pedagang yang menjual barang harian, aksesoris, dan kebutuhan dapur itu disinyalir sengaja dilakukan oleh terduga pelaku yang kini sudah diamankan pihak kepolisian.

Walikota Bukittinggi Erman Safar membenarkan pihak kepolisian mengamankan terduga orang yang terlibat dalam kasus kebakaran itu dengan barang bukti bahan bakar yang didapat dari tangannya.

“Polisi sudah mengamankan satu orang yang diduga ada kaitannya (dengan kebakaran). Juga diamankan BBM jenis Pertalite dan minyak tanah,” kata wako.

Ia mengungkapkan kekecewaannya sekaligus mengutuk tindakan tidak terpuji yang dilakukan pelaku jika benar Pasar Bawah sengaja dibakar.

“Apalagi korban adalah saudara-saudara kita yang berdagang untuk bertahan hidup sehari-hari,” kata Erman Safar.

Menurutnya, kebakaran yang menghanguskan 25 petak kios itu dicurigai sengaja dibakar oleh orang atau pihak tidak bertanggung jawab karena api berasal dari tiga titik pada waktu hampir bersamaan.

Wako menyebut akan melakukan langkah antisipasi untuk keamanan seluruh pasar yang ada di Bukittinggi untuk masa berikutnya.

“Karena sudah beruntun, kita akan lakukan strategi baru mengamankan pasar di Bukittinggi. Harus ada langkah antisipasi musibah ini baik karena kelalaian atau (ulah) pihak tidak bertanggung jawab,” kata wako.

Ia juga menyampaikan duka mendalam atas musibah yang terjadi dan bersamaan memberikan bantuan kepada pedagang yang mengalami musibah. Kerugian materil akibat kejadian ini mencapai Rp350 juta.

“Seperti penanganan musibah di Los Maco dan Pasar Aur Tajungkang, kita lakukan pendataan awal kepada seluruh korban, dibersihkan dan diperbaiki, kita turut berduka dan meminta kesabaran pedagang dalam prosesnya karena kita tidak ingin ada kesalahan dalam urusan administrasi,” kata Wako.

Pasar Bawah sudah 3 kali terbakar dalam waktu berdekatan. Dua kali dalam bulan ini yaitu pada Selasa (16/11) dan Rabu (23/11). Sebelumnya, pasar itu juga terbakar pada 11 September lalu.

Sekretaris Damkar Bukittinggi, Susilo mengungkapkan kebakaran yang terjadi persis berada di sisi jembatan gantung Pasar Bawah Kota Bukittinggi. Pihaknya mengerahkan 12 unit armada untuk melakukan proses pemadaman,” kata Susilo.

Unit pemadam yang diturunkan terdiri dari tujuh unit dari Bukittinggi, tiga unit Damkar Agam, satu unit Damkar Padangpanjang, dan satu unit Damkar Payakumbuh.

“Total personel 54 orang terdiri dari 22 orang dari Bukittinggi, 16 dari Agam, 10 dari Padangpanjang dan 6 dari Payakumbuh,” kata dia.

Sementara, Kapolsek Bukittinggi AKP Rita Suryanti membenarkan adanya satu orang yang saat ini dilakukan penyelidikan karena diduga terkait dengan kebakaran di Pasar Bawah.

“Benar, ada satu orang yang saat ini dilakukan penyelidikan dan sudah ada di Polres Bukittinggi, statusnya masih dalam pemeriksaan,” kata AKP Rita.

Kasat Reskrim Polres Bukittinggi AKP Allan Budi Kusuma juga membenarkan dugaan terbakarnya Pasar Bawah itu ada unsur kesengajaan setelah seorang pria diamankan. Menurutnya, pria yang merupakan warga setempat itu ditangkap di lokasi kebakaran. Polisi juga telah mengumpulkan sejumlah barang bukti, di antaranya berupa bahan bakar yang ditemukan pada terduga pelaku. “Untuk lengkapnya nanti kita sampaikan lebih lanjut,” ucapnya. (ant)

Next Post

Lagi, Kejari Pasbar Tahan Mantan Anggota DPRD

Rab Nov 24 , 2021
SIMPANG EMPAT, KP – Kejaksaan Negeri (Kejari) Pasaman Barat kembali […]