AKBP-STIE “KBP” Kembali Lahirkan SDM Unggul

SEBANYAK 350 orang lulusan Akademi Keuangan dan Perbankan – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Keuangan Perbankan dan Pembangunan (AKBP-STIE “KBP”) di lepas ke tengah masyarakat setelah beberapa tahun dididik berbagai disiplin ilmu di perguruan tinggi tersebut.

Pelepasan para lulusan itu dilaksanakan dalam Rapat Senat Terbuka dalam wisuda AKBP ke-75 dan STIE ke-65 serta progam Magister Manajemen ke-35 tahun 2021, di Hotel Pangeran Beach Padang, 18 Desember 2021.

Wisuda periode kedua dan ketiga AKBP-STIE KBP 2021 tersebut mewisuda sebanyak 47 orang program Diploma 3 Keuangan dan Perbankan, 122 program S1 jurusan manajemen dan 50 orang jurusan akuntansi, 131 lulusan dari program Magister Manajemen.

Hingga saat ini, AKBP telah menghasilkan 5140 orang lulusan, STIE “KBP” Program S1 menghasilkan 4643 lulusan dan program S2 Magister Manajemen dengan 1568 lulusan, dengan total 11 ribu lebih lulusan.

Dalam prosesi wisuda periode II dan III 2021, ada tujuh nama sebagai lulusan terbaik dimana tiga lulusan terbaik pada wisuda periode II atas nama Putri Yanti dari Prodi Keuangan dan Perbankan D3 AKBP dengan Indek Prestasi Kumulatif (IPK) 3,82, dan dari program S1 STIE “KBP” atas nama Devi Oktavia untuk Prodi Akuntansi dengan IPK 3,78 dan Widia Asari untuk Prodi Manajemen dengan IPK 3,85.

Kemudian lulusan terbaik melalui wisuda periode III yakni Zakiyah Dwi Rahma Diva untuk Prodi Keuangan dan Perbankan D3 AKBP dengan IPK 3,36, untuk program S1 STIE “KBP” atas nama Fifi Anggraini dari Prodi Akuntansi dengan IPK 3,37 dan Lenggo Sri Asih untuk Prodi Manajemen dengan IPK 3,50. Sementara atas nama Erawati Urai menjadi lulusan terbaik untuk program S2 dengan IPK 3,88.

Ketua Yayasan Lembaga Pembangunan Nasional (YLPN) Sumatra Barat (Sumbar), Daswir Siddik menyebutkan, perguruan tinggi ini terus berpacu meningkatkan kualitas mahasiswa, tenaga dosen serta sarana dan prasarana kampus. Hal itu dilakukan agar dapat melahirkan serta mengembangkan SDM yang unggul dan memiliki intelektual yang tinggi, sehingga dapat menjawab perubahan dan tantangan zaman baik sedang terjadi dan akan terjadi.

Direktur AKBP Afriyeni didampingi Ketua STIE KBP Aminar Sutra Dewi mengatakan, AKBP dan STIE KBP terus berusaha memberikan yang terbaik pada anak didik dan masyarakat dalam menghadapi persaingan dunia pendidikan.

Hal itu dapat dilihat dari status semua program studi di AKBP STIE KBP sudah berakreditasi B. Begitupun akreditasi perguruan tinggi juga mendapatkan nilai B. Sedangkan dosen bersertifikasi di AKBP sudah 75 persen dan STIE KBP sebesar 68 persen, begitu juga prestasi dosen dalam peningkatan kualitas penelitian.

Gubernur Sumbar diwakili Asisten II Setdaprov Sumbar, Benny Warlis dalam kesempatan itu juga menyebutkan, aparatur pemerintah daerah di provinsi maupun kabupaten/kota banyak berasal dari alumni AKBP-STIE KBP, baik yang memegang jabatan struktural, bahkan ada yang kini menjabat sebagai sekda dan jabatan penting lainnya baik di dalam maupun di luar pemerintahan.

Di tempat yang sama, Sekretaris LLDIKTI Wilayah X Yandri menyebutkan, lulusan perguruan tinggi saat ini harus mampu beradaptasi dalam dunia kerja serta menguasai dan memanfaatkan teknologi informasi yang terus berkembang. Pasalnya, tantangan yang dihadapi mahasiswa saat ini berbeda dari generasi sebelumnya.

“Kebutuhan SDM yang unggul dimasa depan tidak hanya bisa dipenuhi berdasarkan pengalaman dimasa lalu, tetapi harus memiliki kompetensi dari berbagai bidang ilmu. Untuk itu, perguruan tinggi termasuk AKBP-STIE KBP harus berlari lebih cepat untuk memenuhi kebutuhan SDM kedepan,” pungkasnya. *

Next Post

Anggota DPRD Bukittinggi Edison Katik Basa Anggarkan Pokir Renovasi TPQ Ihsan

Kam Des 23 , 2021
BUKITTINGGI, KP – Anggota DPRD Kota Bukittinggi dari Fraksi Golkar, […]