HUT Kota Payakumbuh ke-51 Tahun, 9 Tahun Kepemimpinan Walikota Riza Falepi, Payakumbuh Raih 120 Perhargaan

HELAT Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Payakumbuh ke-51 yang mengambil tema “Tumbuh, Bangkit dan Kembang” begitu dirasakan dan berkesan di hati masyarakat dan aparatur di lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh.

Mulai dari ceramah agama dengan menghadirkan Ustadz Abdul Somad, meresmikan GOR dan menanam pohon, hingga malam resepsi dan anugerah inovasi.

Walikota Payakumbuh, H.Riza Falepimenyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh aparatur, mulai dari Sekda, para pejabat Eselon II, III dan IV beserta seluruh pejabat fungsional, staf dan THL yang telah mendukung dan bekerja keras mewujudkanberbagai pembangunan Payakumbuh.

Tahun ke-10 kepemimpinan Riza Falepi sebagai Walikota Payakumbuh, berbagai kemajuan dapat dirasakan masyarakat, mulai dari infrastruktur, peningkatan SDM, pembinaan UMKM bahkan melakukan rebrending Kota Payakumbuh menjadi City of Randang. Bahkan juga menghadirkan inovasi dari segi pelayanan publik dengan membuat Mal Pelayanan Publik (MPP) megah di lantai Dasar Balaikota Payakumbuh.

Pidato H.Riza Falepi diSidang Paripurna HUT Kota Payakumbuh ke-51di DPRD setempat Jumat, 17 Desember 2021 lalu menjadi pidato terakhir Riza Falepi sebagai walikota dua periode. Mengingat pada September 2022 mendatang, Riza Falepi akan mengakhiri jabatan sebagai Walikota Payakumbuh pada periode kedua bersama Wakil Walikota H. Erwin Yunaz. “Saya mohon maaf kepada seluruh masyarakat Kota Payakumbuh,” ucap Riza.

Dengan berlinang air mata, Riza Falepimenyebut, sisa waktu beberapa kedepan ada beberapa hal yang menjadi fokusnya melalui Dinas PUPR, dimana sedang menyiapkan naskah akademis Ranperda Tentang Pengelolaan Kawasan Strategis Batang Agam dan juga Ranperda Tentang Rencana Tata Bangunan Dan Lingkungan (RTBL) Kawasan Batang Agam.

Pembangunan Masjid Agung dimana pembebasan lahan seluas 5 hektare sudah selesai dilakukan. Kemudian terkait pembangunan stadion sepak bola berstandar nasional di Tanjung Pauh.

Selain itu juga terkait menyonsong era “high speed connectifity” yaitu terkoneksinya tol Padang-Pekanbaru dengan tol Trans Sumatera yang menempatkan Payakumbuh berada di antara dua pelabuhan eksport import internasional di Pulau Sumatera yaitu Pelabuhan Teluk Bayur sebagai hub ke arah Timur Tengah dan Eropa, serta pelabuhan Dumai sebagai hub ke arah Asia Pasifik dan Amerika.

“Kita siapkan Payakumbuh sebagai daerah industri berbasis bio teknologi dan agro industri, karena Payakumbuh dikelilingi oleh daerah penghasil komoditi perkebunan dengan produksi cukup besar seperti sawit, gambir, kulit manis, pinang dan lain-lain yang produktifitasnya masih memungkinkan untuk ditingkatkan dan kebutuhan dunia akan derivatif produk dari komoditi ini terus meningkat. Industri berbasis bio teknologi dan agro industri inilah yang akan kita kembangkan kedepan,” pungkasRiza Falepi.

 

9 TAHUN 120 PENGHARGAAN

Ada yang menjadi catatan bagi masyarakat Kota Payakumbuh bahwa, selama sembilan tahun terakhir masa jabatan Riza Falepi sebagai Walikota, tercatat 120 penghargaan tingkat nasional diberbagai bidang yang melibatkan hampir seluruh perangkat daerah.

Termasuk tahun ini Kota Payakumbuh memperoleh 7 penghargaan tingkat nasional yaitu:

  1. Peringkat 1 BKN Award untuk Implementasi Penilaian Kinerja Kategori Pemerintah Kota Tipe C dari Badan Kepegawaian Negara.
  2. Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap LKPD Tahun 2020 merupakan WTP yang ke-7 kali secara berturut-turut dari BPK RI.
  3. Nilai hasil evaluasi SAKIP tahun 2020 dengan kategori BB dari Kementerian PAN-RB.
  4. Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Utama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
  5. Anugerah Kota Layak Anak (KLA) Kategori Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
  6. Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2021 untuk Inovasi Aplikasi Sipaduko Puskesmas Ibuh dari Kementerian PAN-RB.
  7. Penghargaan Peringkat Pertama Pelayanan Investasi Terbaik Nasional 2021, yang langsung diserahkan oleh Presiden Joko Widodo pada 25 November yang lalu di Jakarta. *

 

Next Post

Juarai Lomba Solo Song Kemenag, Dua Guru SBK Harumkan MTsN 1 Padang

Sen Des 20 , 2021
PADANG, KP – Hakikat sebuah kompetisi adalah ajang silaturahmi dan […]