Vaksinasi di Sumut sisir pelaku perjalanan saat Natal dan Tahun Baru

MEDAN, KP –  Dinas Kesehatan Sumatra Utara (Sumut) terus menggenjot vaksinasi sampai akhir tahun, salah satu upayanya adalah memberikan suntikan vaksin kepada pelaku perjalanan di pos pelayanan yang didirikan polisi saat periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Ismail Lubis di Medan, Minggu (19/12) mengatakan, pihaknya telah mengeluarkan surat edaran ke kabupaten/kota untuk menempatkan petugas kesehatan di pos pelayanan selama Ops Lilin Natal dan Tahun Baru.

Para petugas kesehatan itu nantinya bertugas melakukan swab antigen kepada pelaku perjalan di periode tersebut.”Tugasnya memeriksa kesehatan, melakukan swab antigen, bahkan melakukan vaksinasi bagi para pelaku perjalan yang belum divaksin. Setiap pos ada dua orang petugas kesehatan,” katanya.

Kata dia, kebijakan itu berlaku mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 mendatang. Untuk merealisasikan hal tersebut, Ismail mengaku telah berkoordinasi dengan Polda Sumut untuk menempatkan petugas kesehatan di setiap pos pelayanan.

Seperti diketahui capaian persentase vaksin COVID-19 dosis pertama di Sumut telah menyentuh angka 70 persen.

Hal itu sesuai dengan target dari pemerintah pusat yang menginginkan sebanyak 70 persen penduduk Indonesia harus sudah divaksin dosis pertama sampai akhir tahun ini. Penyuntikan merupakan salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona di masyarakat.”Kita terus menggenjot capaian vaksinasi dan tentunya kerjasama dari semua pihak sangat dibutuhkan, ” katanya.  (ant)

Next Post

Saldi Isra ajak UM Sumbar Tingkatkan Literasi Hukum dan Peradilan

Ming Des 19 , 2021
BUKITTINGGI, KP – Hakim Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia, Saldi Isra, […]