18 Tahun Pasbar Makin Berkibar

PENAMPILAN Bupati Pasaman Barat Hamsuardi bersama istri berbatik motif daerah sungguh sangat serasi keanggunannya. Begitu juga Wabup Risnawanto bersama istri serta Sekda Hendra Putra dengan pasangan tercintanya benar-benar anggun dan serasi. Hal itu ditampilkan dalam laporan khusus KORAN PADANG terbitan Jumat (14/1). Sungguh, batik Pasaman Barat terlihat sejuk, menawan, dan jadi kebanggaan daerah.

Bukan bermaksud memuji berkelebihan batik produk Pasaman Barat, namun memang pantas batik produk Pasbar jadi idola di tanah leluhurnya. Tinggal lagi warga Pasbar, mulai dari Pak Bupati Hamsuardi hingga seluruh rakyatnya menggaungkan produk batik Pasbar ini. Sehingga, Pasbar mampu membuktikan bahwa industri batiknya tak kalah bersaing dengan batik produk daerah lain.

Kewajiban kita bersama memajukan industri produk lokal. Khusus Batik Pasbar, untuk tahap awal harus jadi kebanggaan warganya. Siapa saja, mulai dari pelajar, mahasiswa, ASN, dan tokoh masyarakat dengan beragam pengabdiannya sangat pantas memperlihatkan wajah cerahnya berbatik.

Kita tentu sepakat, industri batik lokal kita jangan kalah lagi dari produk ‘tanah seberang’. Kalau boleh usul, pada hari-hari tertentu warga Pasbar berbatik daerah, minimal tahap awal ASN-nya. Pulang maklum pada Pak Bupati Hamsuardi.

Saat ini kemajuan Pasbar sangat terasa. Selain terkenal dengan sawitnya yang mendunia, juga ikan lautdengan hasil tangkapannya yang cukup membanggakan. Kini muncul produk batikyang menawan.

Sementara, daerah lain yang sudah berusia tuacenderung industri kerakyatannya belum begitu menonjol. Sebaliknya, Pasbar semakin gesit dalam berbagai program kemasyarakatan. Simpang Empat sebagai ibukota kabupaten sudah begitu padat dengan beragam usaha ekonomi produktif. Kemacetan di pusat kotanya membuktikan bahwa daerah ini berkembang membanggakan. Pembangunan kiri-kanan jalan utama di Simpang Empat terus menggeliat. Kalau tak disiplin menerapan IMB dan mengacu pada RTRW, boleh jadi ibukota kabupaten ini kelak jadi semrawut.

Ketenangan jalannya pemerintahan Bupati Hamsuardi semoga saja makin mempercepat kesejahteraan warga Pasbar dalam beragam usaha ekonomi produktif. Yang pasti, batik Pasbar tampil begitu cerah. Syukur alhamdulillah. *

Next Post

Bejat, Ayah Gauli Dua Anak Tiri Selama Tiga Tahun

Jum Jan 14 , 2022
SOLOK, KP – Jajaran Satreskrim Polresta Solokmengamankan seorang pria yang […]