Lenyapkan Tawuran dari Kota Padang

 

MARIkita sama-sama berusaha membebaskan Kota Padang dari aksi tawuran, terutama yang terjadi malam hari. Fatal akibatnya. Kematian bisa menimpa mereka yang terlibat. KORAN PADANG terbitan Selasa (11/1) dalam headline di halaman 1 menginformasi tawuran antar anak muda di Jalan Juanda, Pasar Pagi, Kecamatan Padang Pabar yang menyebabkan seorang pelajar SMP berinisial E meregang nyawa. Peristiwa ini sangat memprihatinkan kita.

Sudah sangat sering terjadi tawuran malam hari antar kelompok anak muda di berbagai kawasan di ibukota Provinsi Sumbar ini. Meski aparat keamanan terus berpatroli, namun anak muda tersebut selalu nekad ‘saling tawur’ saat aparat sedang tidak berada di sekitar kawasan tersebut.

Entah kenapa bisa begitu longgar kontrol orangtua pada anaknya, sehingga si anak bisa keluar malam berhura-hura, hilir-mudik, dan terlibat tawuran. Boleh jadiorangtua tidak begitu memperhatikan kejiwaan anaknya.

Kita heboh ketika beragam kejahatan yang melibatkan remaja terus terjadi, termasuk tawuran. Namun yang memprihatinkan, kelonggaran pengawasan terhadap anak oleh orangtua merupakan penyebab utama anak tersebut berkeluyuran malam sampai pagi.

Kondisi rumah tangga yang tidak stabilantara orangtua termasuk pada anakmenyebabkan remaja ‘jolong gadang’ tersebut mencari kepuasan diritanpa tujuan yang jelas. Berkelahi dan akhirnya berdarah-darah. Selagi masih ada ‘kelonggaran’ disiplin pada anak dalam masa pubertas, selama itu pulalah ‘malam berdarah’ terus terjadi di Padang atau di kota lain.

Kita maklum, biasanya anak cerdas dan patuh pada orangtua selalu mengutamakan keselamatan dirinya. Tekun sekolah, pandai bergaul, rajin beribadah, dan hormat pada yang lebih tua darinya. Sebaliknya, remaja tak patuh pada orangtua, bandel, pemalas, membangkang perintah orangtua, mereka inilah yang cenderung merepotkan keluarga danlingkungan. Meraka pulalah yang cenderung jadi pelaku kenakalan, vandalisme, kejahatan, hingga menyebabkan kematian. Untuk itu sudah saatnya hubungan positif dalam keluarga makin dimaksimalkan. *

Next Post

Dua Pelaku Pencurian ‘Dicokok’ Polisi

Sel Jan 11 , 2022
PADANG, KP – Polisi meringkus dua orang pria di dua […]