Penataan Pantai Padang Dioptimalkan, Tiga Pos Pengaduan Didirikan

PADANG, KP – Pemko Padang melalui Dinas Pariwisata (Dispar) akan mengoptimalkan penataan kawasan objek wisata Pantai Padang.Sehingga, objek wisata andalan itu bisa memberikan kenyamanan dan keamanan bagi wisatawan yang berkunjung.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Raju Minropa menjelaskan, untuk menjadikan Pantai Padang sebagai kawasan wisata yang aman dan nyaman maka akan dilakukan sejumlah penataan.Diantaranya penertiban PKL, penataan dan pengelolaan parkir, dan aspek lainnya.

“Dalam waktu dekat kita akan berikan surat pengumuman agar PKL dapat menjaga kebersihan di lokasi mereka masing-masing, termasuk tidak memasang tenda ceper,” ujar Raju.

Sementara untuk parkir, juru parkir parkir harus memiliki identitas yang jelas seperti rompi dan pening resmi dari Dinas Perhubungan.

“Kita akan memasang baliho terkait tarif parkir resmi dan hal-hal lainnya,” tutur Raju.

 

Dirikan Tiga Posko Pengaduan

 

Untuk menjaga kenyamanan wisatawan dan pengunjung di kawasan objek wisata Pantai Padang, Dinas Pariwisata akan mendirikan tiga posko pegaduan di kawasan itu.

“Kita akan dirikan tiga posko di kawasan Pantai Padang, yakni satu posko utama di LPC tengah-tengah yang masih dikelola Dinas Pariwisata dan di lapangan dua pos, yaitu di kawasan depan Lapau Panjang Chimpago (LPC) dan di Muaro Lasak. Nantinya di pos itu akan ada petugas dari Dispar, Satpol PP, dan TNI-Polri,” jelas Raju.

Untuk di awal-awal ini, pihak TNI dan kepolisian yang dilibatkan berasal dari Polsek Padang Barat dan Koramil 01 Padang Barat.

“Tujuan didirikan posko ini untuk menerima layanan pengaduan semua bentuk gangguan terhadap pengunjung. Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu pemalakan. Pokoknya apapun itu bisa melapor dan akan segera ditindaklanjuti. Seperti jika tindakan kriminal, akan ditindaklanjuti segera oleh petugas kepolisian. Dan jika itu pelanggaran terkait perda ditindaklanjuti Satpol PP,” sebutnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, posko itru akan dijaga masing-masing satu atau dua orangdan secara rutin akan ada patroli.

“Paling tidak dengan adanya patroli, orang yang berniat melakukan tindakan gangguan kepada pengunjung tidak terjadi lagi. Sehingga keamanan dan kenyamanan pengunjung di Pantai Padang lebih terjaga dan tidak akan membuat citra pariwisata kita buruk kedepannya,” kata dia.

Namun sebelum akan didirikan posko itu tentu ada sosialiasi dulu. (ip)

Next Post

Pemko Tambah Dua Koridor Baru Bus Trans Padang

Jum Jan 14 , 2022
PADANG, KP – Pemerintahan Kota (Pemko) Padang resmi menambah dua […]